Senin 04 May 2020 14:55 WIB

Pasien Covid-19 di Kotawaringin Barat Bertambah 22 Orang

Sebanyak empat pasien Covid-19 di Kotawaringin Barat tidak menunjukkan gejala.

Pasien Covid-19 di Kotawaringin Barat Bertambah 22 Orang.
Foto: Antara/ADITYA PRADANA PUTRA
Pasien Covid-19 di Kotawaringin Barat Bertambah 22 Orang.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALAN BUN -- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Achmad Rois menyebut, jumlah pasien positif Covid-19 di wilayahnya kembali bertambah menjadi 22 orang.

Saat ini, terdapat empat pasien baru positif Covid-19 sehingga total keseluruhan menjadi 22 orang. Keempat pasien tersebut, dua diantaranya orang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya dan dua lainnya merupakan klaster Gowa.

Baca Juga

"Keempatnya merupakan orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 yang telah diambil dan diperiksakan sampel swabnya pada 24 April 2020 di BBLK Surabaya," katanya, Senin (4/5).

Menurut dia, keempat pasien tersebut berasal dari Kelurahan Baru dua orang, Kelurahan Sidorejo satu orang, serta Kelurahan Madurejo satu orang. "Data tersebut menandakan telah terjadinya penambahan luasan sebaran pasien positif Covid-19 di Kotawaringin Barat," kata dia.

 

Memperhatikan data hasil pelacakan, menunjukkan meski tanpa gejala Covid-19 dan sudah lebih dari satu bulan sesudah kedatangan di Kotawaringin Barat, hasil pemeriksaan laboratorium masih menunjukkan adanya pasien Covid-19 positif baru. Hal tersebut perlu menjadi perhatian khusus guna meningkatkan pengamatan dan kewaspadaan, mengingat ini adalah penyakit baru yang pada awal pandemi WHO memperkirakan masa inkubasi Covid-19 adalah 1-14 hari.

Peluang bertambah panjangnya masa inkubasi mungkin terjadi karena agen penyakit adalah virus yang sangat cepat pola perubahan serangannya, serta di wilayah lain didapatkan laporan adanya masa inkubasi yang lebih panjang dari 14 hari, ujarnya

Infeksi awal virus yang tidak mudah diketahui oleh pasien, serta adanya bukti pada beberapa pasien positif Covid-19 yang tanpa gejala, menjadikan pertimbangan peningkatan pengamatan dan kewaspadaaan. "Jika masih ditemukan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka segera kami tangani demi kesembuhannya," kata Rois.

Sampai dengan hari ini total sudah ada 24 kasus positif di Kotawaringin Barat dengan rincian 22 orang masih dalam perawatan dan dua orang lainnya sembuh. Sementara itu untuk perkembangan data per hari ini, tidak ada pasien dalam pengawasan (PDP), setelah minggu lalu dua PDP terakhir dinyatakan selesai pengawasan. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 19 orang, tersebar di 15 desa dan kelurahan di lima kecamatan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement