Senin 04 May 2020 11:47 WIB

BPS Catat Inflasi April 0,08 Persen

Inflasi didorog oleh kenaikan harga kelompok kesehatan dan makanan.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Friska Yolandha
Inflasi
Foto: Republika
Inflasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks harga konsumen pada April mengalami inflasi sebesar 0,08 persen. Inflasi April lebih lambat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 0,10 persen.

Dari 90 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), sebanyak 39 kota menyumbang inflasi dan 51 kota mengalami deflasi dalam periode April 2020. Dengan demikian, inflasi tahun kalender Januari-April 2020 tercatat sebesar 0,84 persen, dan inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 2,67 persen.

Baca Juga

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Sumbangan terbesar berasal dari kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,20 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,23 persen, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,18 persen. Kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi yaitu kelompok transportasi sebesar 0,42 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,34 persen. Sementara kelompok pengeluaran yang tidak mengalami perubahan yaitu kelompok pendidikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement