Senin 04 May 2020 11:26 WIB

Pasien Covid-19 Pertama di Mimika Dinyatakan Sembuh

Pasien bernama Novalina dirawat selama 15 hari di RSUD Mimika

Petugas medis melakukan penanganan pasien terjangkit virus Corona.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Petugas medis melakukan penanganan pasien terjangkit virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Pasien pertama yang dikonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, dinyatakan sembuh pada 2 Mei 2020. Pasien tersebut telah 15 hari menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika.

Novalina S, warga Kelurahan Kuala Kencana, masuk ke RSUD Mimika untuk menjalani perawatan pada 23 Maret 2020. Ia bersama seorang pasien lainnya pada 29 Maret dinyatakan terinfeksi virus corona tipe baru SARS-CoV-2 berdasarkan hasil pemeriksaan.

"Perasaan saya saat itu ya tetap bersemangat. Saya sudah mempersiapkan diri, apapun hasilnya saya harus siap menjalani itu dengan sebaik-baiknya," tutur Novalina dalam video yang diambil oleh tim RSUD Mimika, Senin (4/5).

Novalina bertekad untuk berusaha segera sembuh supaya bisa segera berkumpul dengan dua buah hati dan sang suami di rumah.

"Saya ingin sekali cepat menyelesaikan proses penyembuhan penyakit saya supaya bisa bertemu dengan anak-anak dan keluarga saya di rumah," katanya.

Kabar mengenai Novalina menjadi bahan perbincangan di Timika. Kondisi tersebut mempengaruhi keadaan psikologisnya.

"Saat berita tentang saya bertebaran di medsos dan sampai ke telinga saya membuat saya drop. Semua itu merusak pikiran saya, semangat saya dan perasaan saya. Saya merasa bahwa masyarakat sepertinya tidak menerima saya," kata Novalina.

Meski sempat frustrasi, tetapi ia kembali bertekad untuk lekas sembuh. Dia lantas menutup semua akun media sosial supaya imunitasnya tidak turun.

"Saya tutup semua akun media sosial saya, saya tidak perduli dengan apapun omongan orang di luar sana," katanya.

Novalina mengaku mendapat perlakuan dan pelayanan sangat baik dari para petugas selama 15 hari menjalani perawatan di ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD Mimika.

"Tim dokter, perawat, bahkan tenaga kebersihan setiap hari mendatangi ruangan saya, mereka merawat saya, mendoakan saya, bahkan memberi saya semangat untuk cepat sembuh. Hal itu membuat saya semakin optimis bahwa saya pasti akan sembuh. Terima kasih atas semua pelayanan, perhatian yang kalian semua keluarga besar RSUD Mimika berikan untuk saya," katanya.

Menurut data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika, sejak 29 Maret hingga 3 Mei 2020 jumlah pasien Covid-19 di Mimika secara kumulatif sebanyak 87 orang dengan perincian 71 masih menjalani perawatan, 13 di antaranya dinyatakan sudah sembuh, dan tiga orang meninggal dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement