Taman Botani Qur'anic Buat Aktivitas Menarik Selama Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

 Ahad 03 May 2020 12:50 WIB

Taman Botani Qur'anic Buat Aktivitas Menarik Selama Ramadhan. Foto: Ilustrasi Anak membaca Alquran Foto: Republika/Tahta Aidilla Taman Botani Qur'anic Buat Aktivitas Menarik Selama Ramadhan. Foto: Ilustrasi Anak membaca Alquran

Taman Botani Qur'anic (QBG) menawarkan masyarakat untuk berpartisipasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Taman Botani Qur'anic (QBG) mengatakan bahwa mereka menawarkan masyarakat kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang menarik dan mendidik selama bulan Ramadhan. QBG adalah bagian dari Qatar Foundation untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarakat.

QBG adalah kebun botani yang memamerkan semua spesies tanaman yang disebutkan dalam Alquran, hadis dan sunah. Ini adalah kegiatan yang menarik untuk ahli botani, petani dan tukang kebun.

Mereka berkesempatan untuk bergabung dalam kompetisi harian selama Ramadhan untuk memenangkan hadiah. Caranya dengan menjawab pertanyaan tentang ayat-ayat dalam Alquran yang berhubungan dengan terminologi lingkungan dan botani. Pertanyaan akan diajukan setiap hari melalui halaman media sosial QBG.

Selain itu, mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang QBG dan botani secara umum akan dapat mendengarkan sesi siaran langsung di Instagram yang diadakan sepanjang Ramadhan. Dalam siaran ini akan menyoroti berbagai topik menarik yang berkaitan dengan taman dan memamerkan perpustakaan yang luas tentang buku-buku botani.

Ada juga program seminar yang dilakukan melalui webinar. Salah satu seminar akan menampilkan Mohamed al-Khater, seorang spesialis dalam tanaman obat bersama Ahmed El Gharib seorang asisten peneliti di QBG. Mereka akan mengeksplorasi tanaman obat dan peran pentingnya dalam menyehatkan manusia.

Pembicara seminar lain akan fokus pada ketahanan pangan selama pandemi virus coron atau Covid-19. Mereka akan menjelaskan respon sektor pertanian terhadap pandemi Covid-19 bersama Nasser al-Khalaf seorang pemilik salah satu pertanian terbesar di Qatar. Dia akan didampingi oleh Mohamed Hassona seorang hortikultura di QBG dan perwakilan dari Kementerian Kota dan Lingkungan Qatar.

"Kami sangat senang mengumumkan program kegiatan bertema botani kami untuk bulan suci Ramadhan," kata Direktur Proyek di QBG, Fatima Khulaifi dilansir dari Gulf Times, Ahad (3/5).

Ia mengatakan, berkat teknologi modern dan antusiasme dari tim dan pembicara, QBG dapat membuat kompetisi harian yang menarik. Serta bisa membuat seminar pendidikan dan pemikiran yang menarik secara online. Aktivitas QBG selama Ramadhan tersedia di media sosial di antaranya Quranic_Botanic_Garden (Instagram), Qur'anic Botanic Garden (Facebook), dan @QuranicGarden (Twitter).

"Kami menyampaikan undangan hangat kepada semua orang untuk bergabung dengan kami dalam merenungkan keajaiban ciptaan Tuhan," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X