Sabtu 02 May 2020 12:50 WIB

Nadiem: Covid Ajarkan Pentingnya Kesehatan dan Kemanusiaan

Pandemi Covid-19 telah membuah masyarakat Indonesia belajar.

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Mendikbud Nadiem Makarim melakukan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kediaman dengan menggunakan video conference. Sabtu (2/5).
Foto: Kemdikbud
Mendikbud Nadiem Makarim melakukan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kediaman dengan menggunakan video conference. Sabtu (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuah masyarakat Indonesia belajar betapa pentingnya kesehatan dan norma-norma kemanusian. Hal ini, dia sampaikan dalam amanat upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional 2020 di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (2/5).

Nadiem mengatakan, sebagai masyarakat, Covid-19 telah mengajarkan pentingnya kesehatan dan kebersihan. Termasuk juga mengajarkan betapa pentingnya norma-norma kemanusiaan yang berhasil menimbulkan empati dan solidaritas di tengah masyarakat untuk saling membantu selama krisis.

"Ini adalah suatu pembelajaran yang harus kita kembangkan, bukan hanya di masa krisis ini, tapi di saat masa krisis ini berlalu," kata Nadiem.

Nadiem menegaskan, belajar memang tak selalu mudah. Tapi saat ini adalah waktunya belajar dari Covid-19 untuk berinovasi, bereksperimentasi dan mendengarkan nurani. "Agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan," ucapnya. 

Pada penghujung amanatnya, Nadiem mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menerapkan anjuran Presiden Joko Widodo agar hidup bersih dan sehat. Ia pun kembali mengajak masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Upacara bendera Hardiknas 2020 digelar dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Tampak hanya sekitar 20-an peserta upacara dan menerapkan pembatasan jarak aman. Peringatan Hardiknas kali ini mengusung tema 'Belajar dari Covid-19'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement