Sabtu 02 May 2020 07:50 WIB

Warga Michigan Ubah Ford F-150 Jadi Banana Car

Mobil Ford F-150 dimodifikasi untuk dijadikan sebagai mobil wisata.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pria bernama Steve Braithwaite melakukan modifikasi sebuah Ford F-150 tahun 1993 menjadi sebuah mobil berbentuk pisang raksasa.
Foto: car and driver
Pria bernama Steve Braithwaite melakukan modifikasi sebuah Ford F-150 tahun 1993 menjadi sebuah mobil berbentuk pisang raksasa.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN--Di bumi ini, ada saja ide untuk mencari pendapatan. Hal unik pun dilakukan oleh seorang warga Michigan, Amerika Serikat (AS) yang melakukan modifikasi ekstrim pada mobilnya.

Dilansir dari Car and Driver pada Jumat (1/5), pria bernama Steve Braithwaite melakukan modifikasi sebuah Ford F-150 tahun 1993 menjadi sebuah mobil berbentuk pisang raksasa. Steve mengaku, mobil itu dimodifikasi untuk dijadikan sebagai mobil wisata.

Ia memilih mengganti body mobil menjadi berbentuk pisang berwarna kuning karena ia ingin agar mobil ini mampu menarik perhatian. Hal itu pun terbukti, karena selama ia beroperasi, banana car ini pun kerap menjadi berhatian masyarakat terutama anak-anak.

Proses modifikasi ini dilakukan oleh Mutant Brothers dalam waktu sekitar dua tahun. Mobil sepanjang sekitar delapan meter ini memakan biaya modifikasi sebesar 25 ribu dollar AS.

Ubahan paling besar hanya pada bagian body dan interior saja. Sejumah bahan yang digunakan diantaranya adalah baja, busa poliuretan dan fiberglass. Banana car ini hanya terdiri dari empat kursi yang terpasang berurutan dan tanpa menggunakan atap.

Selama beroperasi, banana car ini telah berjelajah di berbagai wilayah di AS. Bahkan, mobil ini pun sempat diberhentikan oleh polisi lalu lintas. Saat itu, Steve diberhentikan karena polisi ingin memastikan apakah mobil ini legal atau tidak.

Selain berhasil menarik perhatian masyarakat dan polisi, mobil ini pun tercatat dalam Guinness World Records sebagai the longest custom banana car in the world. Tak hanya itu, keunikan mobil ini pun telah mendapat perhatian dari sebuah produsen die cast bernama Matchbox. Kini, produsen asal Inggris itu pun menjadikan banana car sebagai salah satu produk mainan yang dipasarkan secara global.

Soal performa, Steve mengungkap bahwa mobil unik ini dibekali dengan mesin Mustang 1994-vintage. Menurutnya, banana car ini sempat dipacu dengan kecepatan hingga 130 kilometer/jam. Dillihat dari konfigurasi tempat duduknya, sepertinya Steve merasa seakan sedang mengendarai sebuah mobil formula.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement