Sabtu 02 May 2020 04:00 WIB

Govinda dan Kru Terdampak Pandemi Covid-19

Govinda berkarya dengan medium daring selama pandemi Covid-19.

Grup musik Govinda dan kru turut merasakan dampak pandemi Covid-19.
Foto: Instagram official Govinda
Grup musik Govinda dan kru turut merasakan dampak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk industri pertunjukan. Bukan hanya para senimannya saja yang terdampak, tapi juga orang-orang yang berada di belakang panggung.

Memasuki bulan Ramadhan, panggung pertunjukan biasanya selalu diisi dengan acara buka puasa atau pun sahur lewat stasiun televisi. Namun, pandemi yang berlangsung di seluruh dunia membuat Ramadhan tahun ini menjadi berbeda.

Baca Juga

Pertunjukan off air dan on air pun berubah total. Jadwal pertunjukan beberapa dibatalkan atau berganti konsep.

Salah satu yang mengalami dampaknya adalah grup band Govinda. Jadwal panggung Govinda secara off air pun berhenti. Berkat kemajuan teknologi, mereka tetap dapat berkarya dengan medium daring.

"Enggak hanya Govinda, tapi saya rasa hampir semua pekerja seni jadwalnya banyak yang batal atau diundur sampai kapan belum tahu. Untuk Ramadhan pun kena juga karena situasi dan kondisi yang terjadi," kata Manajer Govinda, Patty Warouw saat dihubungi Antara, Jumat.

"Tapi kalau mau dibilang berhenti total sih enggak karena sekarang kan hampir semua pekerja seni melakukan promo, konser, live, charity, kolaborasi dan sebagainya di media sosial. Memang enggak mudah, tapi ada saja sponsor yang masuk dan mengajak kerja sama dengan para artis-artis kami," lanjut Patty.

Konsep manggung yang biasanya dilaksanakan di suatu tempat, kini harus mengalami perubahan dengan menjalankannya di rumah masing-masing dan kolaborasi dilakukan secara virtual. Hal ini juga membawa dampak yang cukup besar bagi para kru panggung, sebab tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk membantu personel Govinda secara langsung.

"Otomatis kru kami juga kena semua. Tapi karena kami pun ada dalam satu komunitas musik, yang terdiri dari teman-teman artis juga manajemen dan para manajer. Kami juga berkoordinasi untuk bisa bantu teman-teman kru dalam bentuk hal apapun, selama kami bisa bantu selama pandemi," ujar Patty.

Patty pun berharap kondisi pandemi bisa segera berakhir. Ia mengatakan, Govinda dan semua orang yang berada di belakang panggung sudah tidak sabar untuk menghibur para penggemarnya.

"Semoga pandemi ini cepat selesai dan kita semua bisa kembali ke kegiatan kita, terutama kami manajemen, manajer dan terutama Govinda dan teman-teman artis juga kru-kru kami kangen manggung," kata Patty.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement