Jumat 01 May 2020 21:31 WIB

Pusat Isolasi Covid-19 Palangka Raya Beroperasi Senin

Isolasi tahap pertama dilakukan terhadap 100 orang.

Pusat isolasi Covid-19. (ilustasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pusat isolasi Covid-19. (ilustasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah akan mengoperasionalkan pusat isolasi di Asrama Haji Almabrur, Jalan G Obos pada Senin, pekan depan. Masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 akan langsung dibawa ke sana.

"Pusat isolasi ini direncanakan beroperasi mulai Senin mendatang dan hari Ahad (3/5) nanti kami akan rapat pemantapan," kata Pelaksana Harian Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, Jumat (1/5).

Emi menerangkan, untuk tahap pertama disiapkan alokasi untuk 100 orang yang diisolasi. Karena lokasi yang luas dan sarana penunjang cukup, maka alokasi orang yang diisolasi akan ditambah sesuai kebutuhan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini mengatakan, pihaknya terus melakukan persiapan dan pemantapan. Protokol penyiapan lokasi isolasi cukup ketat. "Di antara yang kami siapkan seperti kebutuhan logistik, ruang perawatan dan pemantauan, termasuk pengamanan lokasi dan perlengkapan untuk mensterilkan lokasi dari paparan Covid-19," kata Emi.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, pemusatan isolasi itu sebagai bagian dari upaya penanganan virus dari Wuhan, Cina itu. Melalui isolasi yang terpusat, maka pemerintah akan dapat memantau langsung perkembangan kesehatan warga tersebut.

Selain itu juga upaya meminimalkan orang tersebut untuk kontak dengan masyarakat lain. "Pemusatan isolasi itu merupakan salah satu upaya pemerintah menekan penyebaran Covid," kata dia.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement