Sabtu 02 May 2020 02:27 WIB

Total Pasien Positif Covid-19 di Pekanbaru 42 Orang

Satu kasus tambahan di Pekanbaru adalah pasien dari klaster pertemuan nakes di Dumai.

Seorang penumpang kapal dari Batam yang akan pulang ke kampung diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas medis di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Ahad (26/4). (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
Seorang penumpang kapal dari Batam yang akan pulang ke kampung diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas medis di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Ahad (26/4). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau pada Jumat (1/5) bertambah menjadi 42 kasus. Satu kasus tambahan adalah pasien dari klaster Pertemuan Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan di Kota Dumai.

“Dan ini masih termasuk klaster pertemuan Nakes Teladan,” kata Juru Bicara Covid-19 Riau Indra Yovi dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Jumat.

Baca Juga

Indra menjelaskan satu kasus positif tersebut adalah pasien berinisial T, warga Kota Dumai. Pasien berusia 39 tahun dan kini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai.

Ia mengatakan, pasien ke-42 itu merupakan pegawai tata usaha di salah satu Puskesmas di kota pelabuhan tersebut. Pasien T merupakan hasil penelusuran (tracing) kontak dari pasien berinisial RR yang berasal dari Dumai.

Dari klaster penularan Pertemuan Nakes Teladan Dumai sudah ada lima pasien positif, mayoritas dokter dan perawat.

“Sebanyak lima orang positif di Kota Dumai tergabung dalam klaster yang sama, yakni klaster Pertemuan Nakes Teladan,” ujarnya.

Kota Dumai sudah dinyatakan sebagai zona merah karena telah terjadi transmisi lokal dari virus mematikan tersebut. Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Riau terus meminta Wali Kota Dumai untuk segera mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran wabah.

Selain ada penambahan satu kasus positif, lanjutnya, terdapat tiga pasien yang sembuh dari virus corona dan telah dipulangkan.

“Sehingga total di Provinsi Riau terdapat 42 kasus positif. Terdiri dari 22 dirawat, 16 sehat dan sudah dipulangkan, dan empat meninggal dunia,” ujarnya.

Indra menambahkan 241 pasien dalam pengawasan (PDP) masih dirawat, sedangkan yang meninggal dunia ada 86 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dalam pemantauan ada 11.674 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement