Jumat 01 May 2020 14:00 WIB

Kunci Sebuah Tim Menjadi Pemenang versi Pelatih Milan

Manajemen ruang ganti pemain menjadi sangat penting.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ekspresi pelatih AC MIlan, Stefano Pioli.
Foto: EPA-EFE/Matteo Bazzi
Ekspresi pelatih AC MIlan, Stefano Pioli.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Bertahun-tahun menjadi pelatih, pengetahuan Stefano Pioli terus bertambah. Faktor pengalaman membuat ia bisa memetakan kelebihan dan kekurangan sebuah tim.

Ia mengetahui apa yang diperlukan untuk menjadi pemenang. Sebuah klub sudah pasti harus memiliki kekuatan mumpuni. Kemudian terorganisir dan bersatu dan ,ampu menemukan solusi dan tidak menciptakan masalah internal. Dari segi teknis, kualitas sangat penting.

"Tetapi tak kalah pentingnya adalah karakter. Sebuah tim pemenang terdiri dari para pemain yang tidak mudah untuk dilatih, tetap siap ambil bagian (memperjuangkan target klub)," kata Pioli, dikutip dari Football Italia, Jumat (1/5).

Artinya, tim dengan pemain bermental juara, sekaligus percaya diri dan pekerja keras butuh pelatih yang mampu mengendalikan suasana kamar ganti. Pioli mengaku tidak mudah melakoni peran tersebut.

"Saya pikir anda membutuhkan semua elemen di atas," ujar eks allenatore Fiorentina, Inter Milan, dan Lazio ini.

Saat ini sepak bola sedang terhenti. Itu karena pandemi covid-19 di seantero global. Sebelum jeda tak terduga , Milan berada di peringkat ketujuh klasemen sementara Serie A. Pioli memiliki tanggung jawab besar, membawa Rossoneri kembali bersaing di level teratas negeri Spageti, dan Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement