Kamis 30 Apr 2020 18:29 WIB

Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 3 Orang

Total pasien positif Covid-19 di Sumbar sekarang ini sebanyak 148 orang.

Rep: Febrian Fachri / Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan, terdapat penambahan 3 orang pasien positif terjangkit virus corona di Sumbar. Total pasien positif Covid-19 di Sumbar sekarang ini sebanyak 148 orang.

"Sampai hari ini, jumlah masyarakat Sumbar positif terinfeksi covid-19 adalah 148 orang, terjadi penambahan 3 orang," kata Jasman, Kamis (30/4).

Penambahan 3 orang positif terinfeksi tersebut dilaporkan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand. Dari tiga pasien tambahan positif corona hari ini, 2 orang berasal dari Kota Padang dan 1 pasien dari Kabupaten Tanah Datar.

Dua pasien dari Kota Padang ialah seorang wanita berusia 31 tahun beralamat di Parak Buruk Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Ia dirawat di RSUP M Jamil Padang.

Kemudian wanita 50 tahun yang beralamat di Flamboyan Baru Kota Padang. Pasien adalah seorang guru yang terinfeksi karena pernah kontak dengan warga yang telah positif sebelumnya. Sekarang yang bersangkutan dirawat di RSUP M Jamil Padang.

Kabupaten Tanah Datar juga mencatatkan pertambahan 1 orang warganya positif terinfeksi covid-19, yaitu seorang paramedis pria usia 27 tahun asal Panyalaian. Pasien merupakan suami dari warga sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi Covid-19 dan sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Dari RSUP M Jamil juga dilaporkan bahwa terdapat 1 (satu) orang pasien sembuh. Pasien adalah warga Padang Timur, wanita usia 80 tahun yang merupakan ibu rumah tangga.

Dari total 148 orang positif corona di Sumbar, 40 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 33 orang, 26 orang isolasi di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 25 orang.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sekarang ini sebanyak 8.028 orang. ODP yang masih proses pemantauan 409 orang dan sudah selesai pemantauan 7.619 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbar sekarang ini sebanyak 379 orang.

Dari 379 PDP tersebut, 49 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Sementara sudah dinyatakan negatif terinfeksi Covid-19 sebanyak 322 orang dan isolasi diri di rumah 8 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement