Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Hari Buruh Diperingati dengan Pembagian APD

Jumat 01 May 2020 00:39 WIB

Red: Indira Rezkisari

Perayaan Hari Buruh di tahun 2020 akan berbeda karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Perayaan Hari Buruh di tahun 2020 akan berbeda karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Para buruh juga memperingati hari buruh dengan bakti sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Buruh (May Day) pada 1 Mei 2020 akan diperingati dengan kegiatan bakti sosial (baksos) caranya melalui pembagian alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis lengkap ke rumah sakit dan klinik. Pemberian APD tersebut akan dilakukan perwakilan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di sejumlah rumah sakit di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

"Selain melakukan bakti sosial, KSPI juga akan melakukan aksi virtual kampanye di media sosial untuk menyuarakan tiga isu May Day," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di Jakarta, Kamis (30/4).

Iqbal mengatakan, ketiga isu itu adalah, tolak OmnibusLaw, setop pemutusan hubungan kerja (PHK) dan liburkan buruh dengan upah dan tunjangan hari raya (THR) seratus persen.

“KSPI juga akan melakukan pemasangan spanduk di perusahaan dan tempat-tempat strategis terkait dengan tiga isu di atas. Termasuk seruan dan ajakan agar masyarakat bersama-sama memerangi Covid-19,” kata dia.

Penyerahan APD dilakukan dipimpin oleh Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea untuk kawasan Tangerang, kemudian di Bekasi akan dipimpin oleh Presiden KSPI Said Iqbal, dan rumah sakit di Jakarta akan dipimpin oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban.

Selain itu KSPI juga akan melakukan kegiatan penggalangan dana buruh untuk solidaritas pangan dan kesehatan. "Di beberapa daerah juga akan dibuka lumbung pangan, dengan mengumpulkan atau menyediakan bahan makanan untuk masyarakat sekitar," ujar Iqbal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA