Kamis 30 Apr 2020 17:21 WIB

Nasihat Rasulullah untuk Para Pemimpin

Menurut Rasulullah SAW, pemimpin yang menipu kelak akan masuk neraka

Ilustrasi Pemimpin
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ilustrasi Pemimpin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW menyampaikan sejumlah pesan moral yang penting untuk direnungkan oleh para pemimpin. Sebab, mereka telah mendapatkan amanah dari rakyat atau mereka yang dipimpinnya.

Seperti diriwayatkan Abu Dzarrin, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya kepemimpinan itu adalah suatu amanah dan di Hari Kiamat akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan kecuali mereka yang mengambilnya dengan cara yang baik, serta dapat memenuhi kewajibannya dengan baik sebagai seorang pemimpin" (HR Muslim).

Baca Juga

Abu Hurairah RA berkata, "Telah bersabda Rasulullah SAW, 'Disodorkan padaku tiga golongan yang paling pertama masuk surga. Tiga golongan juga yang paling pertama masuk neraka.

Adapun yang paling pertama masuk surga ialah orang yang mati syahid, hamba sahaya yang baik ibadahnya kepada Allah serta selalu menasihati majikannya (tuannya), dan mereka yang menjauhkan diri dari barang yang haram.

Adapun tiga golongan yang paling pertama masuk neraka ialah pemimpin yang menipu, hartawan yang tidak pernah memberikan kewajiban (zakat), dan orang yang fakir lagi sombong'" (HR Damiri dan Ahmad).

Kepada Ka'ab bin Ujrah Rasulullah berpesan, ''Semoga Allah melindungimu dari kepemimpinan orang yang jahat."

Ka'ab bertanya, apa maksud beliau. Maka, Nabi SAW bersabda, "Yaitu para pemimpin yang ada sesudahku yang tidak mengikuti petunjukku, dan tidak bersunah dengan sunahku. Barangsiapa yang membenarkan atas dustanya dan membantu kezalimannya, mereka itu bukanlah umatku dan aku pun tidak termasuk bersama mereka" (HR Ahmad).

Dengan memetik hikmah dari hadis-hadis di atas, nyatalah tugas seorang pemimpin tidak ringan. Ketika seseorang menjadi pemimpin, ia bisa menyambutnya dengan pernyataan bismillah atau bahkan inna lillahi wa inna ilaihi raji'un.

sumber : Hikmah Republika oleh Miftah Faridl
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement