Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Mualaf, Ini Hikmah Puasa yang Diambil Marcell Darwin

Kamis 30 Apr 2020 11:00 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Marcell Darwin: Hikmah Puasa yang Diambil Mualaf Marcell Darwin

Marcell Darwin: Hikmah Puasa yang Diambil Mualaf Marcell Darwin

Mualaf, Hikmah Puasa yang Diambil Marcell Darwin

VIVA – Sebagai seorang mualaf, Marcell Darwin menjalani ibadah puasa pertamanya di tahun ini. Marcell berdaptasi dengan ibadah-ibadah lainnya sebelum puasa, antara lain, sahur dan niat. Marcell mengaku berat untuk makan sahur karena tidak merasa lapar.

"Baru kali ini, enggak laper tapi dipaksa buat makan. Ini enggak gampang," kata Marcell dalam channel Youtube The Darwins.

Sebisa mungkin Marcell menahan kantuk dan membuka mulut agar bisa makan sebelum azan subuh. Istri Marcell, Nabila Faisal memberikan suaminya vitamin C dan madu agar sang suami kuat melewati hari pertamanya.

Marcell melewati sahur pertamanya dengan mulus. Di siang hari, bintang film Nikah Yuk tersebut mengecat dapur. Sampai waktu menjelang azan maghrib, Marcell mulai merasa haus dan lapar. Godaan semakin dekat menjelang waktu berbuka.

"Sisa bentar lagi waktu berbukanya, makin terasa lama," ucap Marcell.

Azan maghrib terdengar, Marcell berhasil melewati puasa pertamanya. Ia mengambil beberapa pelajaran sebagai orang yang baru melaksanakan puasa Ramadan.

Baca juga: Puasa Perdana, Marcell Darwin: Haus tapi Bisa Ditahan, Kuat!?

"Pertama enggak gampang, godaan banyak. Kedua, semakin nungguin waktu berbuka, semakin lama berasanya," ujarnya.

Marcell Darwin pun belajar tentang sabar. Ia tidak bisa langsung memenuhi hawa nafsu untuk makan besar setelah berbuka. Perlu waktu beberapa saat untuk Marcell menyiapkan perutnya agar tidak terkejut.

"Kita sudah nahan laper dari siang apa segala macem, saat buka enggak bisa langsung makan banyak, hanya untuk isi perut dulu, sejam setelah buka baru bisa makan," katanya.

Marcell Darwin mengambil kesimpiulan, menjalani ibadah puasa tidak semudah yang terlihat. Godaan ada di mana-mana, belum lagi di saat berbuka yang harus menunggu sebelum makan besar. Ia berharap bisa menjalankan ibadah puasa secara utuh dalam satu bulan penuh.

“Semoga bisa sebulan full puasanya, harapan gue ke depan bisa ngerayain lebaran sih,” ujar Marcell.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA