Kamis 30 Apr 2020 10:38 WIB

Jokowi Lantik Ketua MA Syarifuddin

Syarifuddin menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Hakim Agung Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Hakim Agung Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Muhammad Syarifuddin menjadi Ketua Mahkamah Agung masa jabatan 2020-2025 di Istana Negara, Kamis (30/4) pagi. Ia menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Mei 2020.

Syarifuddin dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 41/P/2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua MA bidang yudisial dan pengangkatan Ketua MA. Setelah acara pelantikan dimulai, Syarifuddin membacakan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD Negara RI 1945 serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Syarifuddin saat membacakan sumpah jabatan.

Acara kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah jabatan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat. Namun, pemberian ucapan selamat tak dilakukan dengan berjabat tangan, melainkan dilakukan dengan menerapkan jaga jarak.

Proses pelantikan ini tak dilakukan seperti biasanya. Presiden Jokowi juga tampak mengenakan masker berwarna hitam saat acara pelantikan. Sementara itu, Syarifuddin tampak mengenakan masker berwarna kuning.

Seluruh tamu yang hadir pun tampak mengenakan masker dan melakukan jaga jarak karena pelantikan dilakukan di tengah pandemi covid.

Selain itu, pihak Istana juga membatasi jumlah tamu yang hadir sehingga prosesi pelantikan pun disiarkan langsung secara live streaming oleh Sekretariat Presiden.

Dalam pelantikan ini turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan juga Menkopolhukam Mahfud MD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement