Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Daop 6 Imbau Pengguna Batalkan Tiket Lewat KAI Access

Kamis 30 Apr 2020 09:36 WIB

Red: Ani Nursalikah

Daop 6 Imbau Pengguna Batalkan Tiket Lewat KAI Access. Petugas melayani calon penumpang yang melakukan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Daop 6 Imbau Pengguna Batalkan Tiket Lewat KAI Access. Petugas melayani calon penumpang yang melakukan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Foto: Prayogi/Republika
Pembatalan tiket melalui KAI Access berlaku mulai 30 April hingga 4 Juni.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta meminta masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket agar memanfaatkan aplikasi KAI Access untuk melakukan pembatalan tiket secara daring sehingga bisa tetap berada di rumah dan tidak perlu datang ke stasiun.

“Pelanggan yang hendak membatalkan tiket lebih baik menggunakan cara online melalui KAI Access daripada datang ke stasiun meskipun pelayanan secara langsung di stasiun tetap dilayani,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Kamis (30/4).

Baca Juga

Menurut Eko, dengan melakukan pembatalan tiket secara daring maka pelanggan bisa tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk berada di rumah sekaligus menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19 yaitu jaga jarak fisik sehingga tidak berpotensi tertular.

Eko menambahkan, proses pengembalian biaya pembelian tiket secara online pun dipercepat, yang semula diberikan paling lambat 45 hari ke rekening pelanggan, kini menjadi tiga hari kerja sejak dilakukan pembatalan. Biaya pengembalian tiket pun tetap diberikan 100 persen.

Penumpang yang belum memiliki aplikasi KAI Access bisa mengunduhnya melalui telepon selular atau memutakhirkan aplikasi ke versi terbaru bagi pelanggan yang sudah memiliki aplikasi tersebut. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas sesuai dengan data pada tiket. Pada menu pembatalan dimasukkan nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang.

Eko berharap, kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket akan semakin membantu masyarakat yang saat ini membutuhkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan di tengah pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Pembatalan tiket dilakukan karena perjalanan kereta jarak jauh di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta dibatalkan hingga 31 Mei, baik kereta tujuan ke arah barat seperti Jakarta dan Bandung serta kereta ke arah timur seperti Surabaya, Malang dan Ketapang.

Pembatalan tiket dengan proses yang lebih cepat melalui KAI Access tersebut berlaku mulai 30 April hingga 4 Juni untuk keberangkatan kereta pada masa Angkutan Lebaran 14 Mei hingga 4 Juni.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA