Rabu 29 Apr 2020 22:29 WIB

Penelitian Baru Saudi Petakan Hubungan Genetik ke Covid-19

Penelitian untuk memahami tingkat keparahan yang berbeda dalam kasus Covid-19.

(Ilustrasi) Penelitian Baru Saudi Petakan Hubungan Genetik ke Covid-19
Foto: Umarul Faruq/ANTARA FOTO
(Ilustrasi) Penelitian Baru Saudi Petakan Hubungan Genetik ke Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Inisiatif baru untuk mempelajari dan mengidentifikasi faktor genetik yang menyebabkan gejala penyakit coronavirus (Covid-19) di antara warga Saudi telah diluncurkan sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mengatasi pandemi.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (29/4), Kota King Abdul Aziz untuk Sains dan Teknologi (KACST) bekerja sama dengan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Saudi (Weqaya) bertujuan untuk memahami tingkat keparahan yang berbeda dalam kasus Covid-19 di antara warga Saudi dengan berfokus pada urutan genetik pembawa penyakit.

“Inisiatif ini akan berkontribusi dalam membangun basis data genetik nasional bekerja sama dengan sektor kesehatan dan mengembangkan solusi dan rencana strategis untuk melindungi populasi Kerajaan dan mereka yang paling berisiko tertular penyakit, di samping meningkatkan efisiensi metode pengobatan saat ini dan pengembangan obat baru, ”kata Dr. Anas bin Faris Al-Faris, kepala KACST.

Abdullah Al-Quweizani, CEO Weqaya, menunjukkan bahwa proyek ini merupakan perpanjangan dari sejumlah inisiatif untuk mengidentifikasi karakteristik genetik yang menyebabkan berbagai tanggapan terhadap infeksi Covid-19 di antara pasien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement