Rabu 29 Apr 2020 22:10 WIB

Mendiang Gary Speed Jadi Inspirasi James Milner

Speed salah satu pemain yang bisa tampil hebat hingga usia senja.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mendiang Gary Speed.
Foto: AP/Oleg Popov
Mendiang Gary Speed.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pemain Liverpool, James Miler, masih menunjukkan kebugaran prima meski usianya sudah 34 tahun. Kecepatannya tak tampak terbukurang sama sekali ketika di menyisir pinggir lapangan.

Performa yang masih mampu bersaing di level tinggi Milner tak lepas dari sosok Gary Speed sebagai inspirasinya. Milner pernah bermain bersama Speed dalam waktu singkat saat berseragam Newcastle United. Milner berseragam The Magpies pada musim panas 2004.

Tak lama kemudian Gary hijrah ke Bolton Wanderers dari 2004-2008. Speed dinilai sebagai seorang pemain yang sangat profesional sehingga selalu menjaga kebugaran. Sosok yang pernah membela timnas Wales itu menunjukkan ingin bermain selama mungkin.

Semangat tersebut ikut memengaruhi Milner selama kariernya. Milner mengenang mendiang Speed saat latihan pramusim bersama Newcastle. Milner terkesan ketika melihat Speed berlari di pantai. Pada saat itu, Milner masih berusia 18 tahun sedangkan Speed memasuki tahun ke-35. 

“Kami hanya memiliki satu pelatih kebugaran, Windy (Paul Winsper sekarang Direktur Kinerja Atletik untuk Under Armour). Namun, Speed mampu menunjukkan yang terbaik,” kenang Milner, dilansir dari themag, Rabu (29/4).

Speed saat itu mengajak rekan-rekannya untuk berlari di pantai. Ia menunjukkan semangat saat usianya sudah menginjak 35 tahun. Energi positif tersebut menular kepada para emain Newcastle saat itu, termasuk Milner.

"Dia (Speed) adalah seorang profesional luar biasa dan kamu dibiarkan berpikir, 'Jika dia bisa melakukannya pada usia itu, lalu mengapa aku tidak bisa mencapai usia sebayanya dan masih melakukannya?' ," kata Milner.

Speed masih masih bermain bersama Sheffield United ketika usianya 40 tahun. Pada usia tersebut, Speed juga ikut London Marathon dengan catatan waktu kurang dari tiga jam lima puluh menit. Itu dilakukan untuk pengumpulan dana yayasan Sir Bobby Robson. Milner saat kini sudah tampil dalam 534 pertandingan di Liga Primer Inggris atau hanya satu di belakang Speed Saat ini puncak penampilan terbanyak ditempati oleh Gareth Barry dengan 653 pertandingan disusul Ryan Giggs sebanyak 632 laga.

Speed sendiri meninggal dunia pada 27 November 2011 akibat bunuh diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement