Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Bimbo

Kisah Dibalik Lahirnya Lagu Di Rumah Saja dari Bimbo

Rabu 29 Apr 2020 19:49 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Sam Bimbo dan isterinya.

Sam Bimbo dan isterinya.

Foto: Youtube.com
Dibalik Lahirnya Lagu Di Rumah Saja dari Bimbo

REPUBLIKA.CO.ID --Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika/

Ternyata ada kisah menarik di balik lahirnya lagu baru Bimbo ‘Di Rumah Saja’ yang baru saja diluncurkan Selama malam pada  acara ILC di Tv One. Cerita itu beberkan oleh Guru Besar Ilmu Komunikasi UI, Prof DR Effendu Gazali.

Dalam perbicangan melaui pesan singkat di WA, Effendy Gazali berkisah seperti ini. Katanya, ceritanya bermula dari sebuah pertemyan yang tejrjadi beberapa waktu lalu dengan Letjen Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.”Beliau mengundang saya (Effendi Gazali) dan sosiolog UI, DR Imam Prasodjo untuk mendiskusikan bangun sosiologis dan komunikasi penanganan Covid-19. Utamanya menjelang Ramadhan dan Lebaran.,

Mendengar keinginan Doni Monardo, maka secara spontan terlontar bahwa Ramadhan itu identik dengan Bimbo. Selalu di mana-mana di penjuru Indonesia, bergema lagu-lagu Bimbo. 

“Maka, saya usulkan, kita imbangi ajakan tokoh-tokoh normatif,. dengan melalui lagu Bimbo nan akan ada ajakan religius sekaligus menyentuh. Dan Kang Sam Bimbo ternyata menyambutnya. Lalu kita mendiskusikan syairnya. Harus singkat tapi menyentuh,’’ ujarnya.

Namun, setelah sepakat ada persoalan baru. Hal itu adalah tentang siapa yang menulis lagu. Untungnya segera ketemu solusinya. “Akhirnya turun tanganlah Ibu "Mayang" . Artinya "Mama Sayang" , panggilan Sam Bimbo untuk isterinya. Dialah yang membantu memformulasi syair lagu ‘Di Rumah Saja’, ‘’ tutut Effendy.