Rabu 29 Apr 2020 14:04 WIB

Pasar Modern di BSD Siapkan Layanan Pesan Antar

Layanan pesan antar bantu masyarakat tetap di rumah dan terpenuhi kebutuhannya.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Indira Rezkisari
Sinar Mas Land melalui Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur telah menyediakan layanan pesan-antar bagi warga.
Foto: Dok Sinar Mas Land
Sinar Mas Land melalui Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur telah menyediakan layanan pesan-antar bagi warga.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Sinar Mas Land melalui Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur =menyediakan layanan pesan antar bagi warga. Layanan tersebut bertujuan agar warga tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari di saat pandemi Covid-19 tanpa harus keluar rumah.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah yang mana saat ini pemerintah mengimbau masyarakat agar bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga

 

Kepala Pasar Modern BSD City, Muhamad Bakri, mengatakan program pesan antar juga mendukung masyarakat agar melakukan belanja di rumah sehingga tidak menciptakan kerumunan di pasar. Saat ini pengunjung pasar sudah tidak terlalu ramai terlihat karena ada penurunan lot parkir per hari dari sekitar 600 kendaraan pada hari normal menjadi 200 pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lebih lanjut, selain layanan pesan antar, pihaknya telah melakukan sejumlah tindakan di antaranya rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap Jumat malam dan Selasa malam. “Ini bertujuan agar meminimalisasi penyebaran Covid-19, baik di dalam maupun luar pasar. Penyediaan hand sanitizer untuk mencuci tangan bagi para pengunjung dan pedagang di setiap lobi Pasar Modern BSD City pun tidak dilupakan,” katanya, Selasa (28/4).

Selain itu, sebelum memasuki ke dalam pasar, para pengunjung juga diukur suhu tubuhnya menggunakan thermogun, serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk selatan pasar. Pihak pengelola juga melakukan himbauan secara teratur melalui pengeras suara agar para pengunjung dan pedagang tetap jaga jarak selama beraktifitas di dalam pasar.

 

Hal yang sama juga terjadi pada Pasar Modern BSD City, pihak pengelola Pasar Intermoda BSD juga meluncurkan program serupa yakni Simoda alias Siap Mo’ Diantar.  Kepala Pasar Modern Intermoda BSD City, Deddy Wirman, berharap program tersebut memberikan kontribusi nyata agar para penghuni tetap berada di rumah tanpa kekurangan bahan pokok selama beberapa waktu.

Untuk proses pemesanan langsung dapat dilakukan kepada pedagang. Sistem pengantaran sesuai kesepakatan antara pedagang dengan konsumen.

 

Deddy mewanti-wanti kepada warga agar memastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang diberikan kepada pedagang sudah sesuai sehingga pengiriman kebutuhan pokok menjadi mudah. Kualitas barang pesanan merupakan tanggung jawab pedagang, bukan manajemen Pasar Modern Intermoda BSD City.

“Warga yang ingin mengetahui perkembangan terbaru setiap hari dapat melihat Instagram @Pasarmodernintermodabsd,” katanya.

 

Fresh Market Kota Wisata pun ikut mendukung seruan pemerintah untuk belanja dari rumah. Estate Management Department Head Fresh Market Kota Wisata, Hogeny N mengatakan program #SociaIDistancing Fresh Market Kota Wisata berinisiatif membantu warga agar lebih nyaman berbelanja dari rumah dengan menyediakan informasi terkait tenant-tenant Fresh Market.

“Program itu lebih rinci bahwa warga Kota Wisata dapat langsung memesan kebutuhan sehari-hari, seperti beras, sayur-mayur, daging, bumbu dapur, buah, dan kebutuhan pokok lain dari pasar melalui layanan WhatsApp. Transaksi (pemesanan dan pembayaran) dilakukan secara langsung antara warga Kota Wisata dan penjual di lapak Fresh Market Kota Wisata,” katanya.

Di samping itu, Hogeny mengingatkan kesepakatan transaksi dan pengantaran bukan tanggung jawab Fresh Market Kota Wisata. Kualitas dan kuantitas barang pun merupakan tanggung jawab penuh penjual.

Selain itu, tiga pengelola pasar modern itu memastikan bahwa di setiap penjuru pintu masuk disediakan tempat cuci tangan agar setiap pengunjung selalu dalam keadaan bersih. Pada tiap pintu masuk pun ada pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun. Serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk pasar, dan tersedia ruang tunggu bagi para pengunjung.

Selain itu, pengelola pasar juga kerap memberikan himbauan secara teratur agar para pembeli dan penjual tetap jaga jarak selama proses berbelanja. Kemudian setiap tiga hari sekali selalu ada penyemprotan disinfektan.

Para pedagang, pengunjung pasar, pihak keamanan juga diwajibkan menggunakan masker. Mereka juga memastikan tidak ada lagi pengunjung yang duduk di kafe karena hanya melayani delivery atau pengiriman pesanan saja.

 

Meskipun ketiga pengelola pasar yakni Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD serta Fresh Market Kota Wisata telah melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di dalam pasar, namun mereka tetap menyarankan para penghuni agar tetap berbelanja kebutuhan pokok dari rumah, menggunakan layanan yang telah disediakan oleh mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement