Rabu 29 Apr 2020 11:13 WIB

Pendapatan Kuartalan Google Tetap Naik di Tengah Pandemik

Peningkatan penggunaan internet mendorong pendapatan Google.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Google membukukan pertumbuhan iklan dua digit pada pendapatan kuartalannya meskipun terjadi pelambatan ekonomi akibat Covid 19. Peningkatan penggunaan internet mendorong pendapatan Google.
Foto: Mauritz Antin/EPA
Google membukukan pertumbuhan iklan dua digit pada pendapatan kuartalannya meskipun terjadi pelambatan ekonomi akibat Covid 19. Peningkatan penggunaan internet mendorong pendapatan Google.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Google membukukan pertumbuhan iklan dua digit pada pendapatan kuartalannya meskipun terjadi pelambatan ekonomi akibat Covid 19. Peningkatan penggunaan internet mendorong pendapatan Google.

Saham induk Google, Alphabet, naik 4 persen menjadi 1.282 dolar AS setelah rilis hasil keuangan setelah jam kerja. Namun, saham Alphabet turun sekitar 8 persen tahun ini pada penutupan Selasa (28/4).

Baca Juga

Perekonomian yang booming dan meningkatnya penggunaan internet mendorong Google mencatat kenaikan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi virus ini telah memecah dua tren tersebut, dengan belanja konsumen sekarang turun dan ketergantungan pada layanan internet melonjak.

Kepala Keuangan Alphabet, Ruth Porat mengatakan kepada analis pada Selasa (28/4) bahwa meskipun pengguna mencari lebih banyak, mereka mencari lebih sedikit topik komersial dan pengiklan memotong pengeluaran.

"Sampai hari ini, kami mengantisipasi kuartal kedua akan menjadi yang sulit bagi bisnis periklanan kami," kata Porat.

Porat mengatakan pendapatan iklan pencarian telah menurun dengan persentase pertengahan pada akhir Maret dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Penghasilan keseluruhan Alphabet pada kuartal pertama adalah 41,2 miliar dolar AS, naik 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perkiraan rata-rata di antara analis keuangan yang dilacak oleh Refinitiv adalah 40,29 miliar dolar AS, naik 10,87 persen, memperkirakan pertumbuhan paling lambat sejak 11,1 persen pada kuartal kedua 2015.

Sementara aplikasi Google termasuk obrolan video Duo dan YouTube telah menjadi penting bagi banyak pengguna tahun ini, perusahaan sebagian besar tidak mengenakan biaya untuk keduanya. Sebagai gantinya menghasilkan pendapatan menjual alat iklan serta tautan, spanduk dan iklan pada layanannya dan orang-orang dari mitra.

Bisnis iklan Google menghasilkan sekitar 83 persen dari pendapatan Alphabet tahun lalu. Penjualan iklan Google adalah 33,8 miliar dolar AS, naik sekitar 10 persen dari kuartal pertama tahun lalu.

Sekitar 5,5 persen dari pendapatan Alphabet tahun lalu berasal dari layanan cloud di mana Google menagih biaya ke bisnis, sekolah, dan pemerintah. Tahun ini, perusahaan telah memperpanjang berbagai penawaran gratis untuk membantu pelanggan yang terkena pandemi.

Bisnis cloud menghasilkan pendapatan 2,8 miliar dolar AS, naik 52 persen dari tahun lalu. Total biaya dan pengeluaran Alphabet naik sekitar 12 persen dari tahun lalu menjadi 33,2 miliar dolar AS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement