Jadi Imam Sholat Tarawih, Kesempatan Emas Ayah Saat PSBB

Red: Ani Nursalikah

 Rabu 29 Apr 2020 16:11 WIB

Jadi Imam Sholat Tarawih, Kesempatan Emas Ayah Saat PSBB. Pemerintah mengimbau umat Muslim melaksanakan sholat tarawih selama bulan suci Ramadhan di rumah  masing-masing saat pandemi Covid-19. Foto: Republika/Thoudy Badai Jadi Imam Sholat Tarawih, Kesempatan Emas Ayah Saat PSBB. Pemerintah mengimbau umat Muslim melaksanakan sholat tarawih selama bulan suci Ramadhan di rumah masing-masing saat pandemi Covid-19.

Kala PSBB, semua aktivitas, termasuk ibadah sholat dilakukan di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi kesempatan emas bagi setiap ayah untuk selalu sholat berjamaah bersama anggota keluarga. Kondisi saat ini sangat jarang terjadi. Pada kondisi normal, khususnya masyarakat kota besar, selalu ada kendala untuk sholat berjamaah bersama keluarga.

Pada kondisi normal, setiap lelaki Muslim sangat dianjurkan sholat fardhu (wajib) berjamaah di masjid, sehingga berjamaah di rumah bersama istri dan anak perempuan tidak bisa dilaksanakan.

Baca Juga

Kendala lain, waktu kerja yang panjang. Di kota besar, di Jakarta dan kota satelit lainnya (Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi dan Kabupaten dan Kota Tangerang serta Tengerang Selatan), sudah lumrah dijumpai para pelaju berangkat subuh menuju Jakarta dengan segala moda transportasi.

Sebagian dari mereka, tidak jarang, mungkin bergegas untuk subuh atau sholat subuh di kantor. Lalu, sholat zhuhur dan ashar di kantor. Bahkan, sebagian sholat maghrib dan isya masih di kantor atau di perjalanan.

Kini, kala PSBB, semua aktivitas dilakukan di rumah, kerja, sekolah, beribadah dan bersosialisasi dari rumah. Kembali ke kesempatan emas menjadi imam sholat berjamaah di rumah, Islam memang mengatur syarat menjadi imam. Di rumah, sudah pasti yang menjadi imam sholat adalah kepala keluarga atau ayah. Jika, orang tua lelaki (kakek) tinggal serumah, maka secara usia yang layak menjadi imam adalah sang kakek, tetapi jika sudah renta atau sering lupa maka sang ayah yang menjadi imam. PSBB kali ini memberi kesempatan pada seorang ayah untuk belajar Alquran lebih dalam lagi sehingga bisa menjadi imam sholat tarawih bagi istri dan anak-anaknya.

photo
Infografis niat sholat tarawih. - (Republika.co.id)
 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X