Rabu 29 Apr 2020 05:39 WIB

2.500 Petani Digandeng Lazada Buka Lapak Sayur Mayur Segar

Alhamdulillah, 2.500 Petani Digandeng Lazada Buka Lapak Sayur Mayur Segar

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Alhamdulillah, 2.500 Petani Digandeng Lazada Buka Lapak Sayur Mayur Segar. (FOTO: Lazada Indonesia)
Alhamdulillah, 2.500 Petani Digandeng Lazada Buka Lapak Sayur Mayur Segar. (FOTO: Lazada Indonesia)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Lazada bekerja sama dengan Rumah Sayur Group, memperkenalkan laman khusus beragam sayur mayur segar, yang merupakan hasil panen dari 2.500 petani di Jawa Barat, binaan Desa Sejahtera Astra Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ketersediaan sayuran segar para petani ini membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, terutama di kala pandemi Covid-19. Lazada melihat bahwa salah satu kebutuhan penting pelanggan saat ini adalah produk kebutuhan pokok dan bahan-bahan makanan, seperti sayuran dan daging.

"Saat ini, terutama menjelang Ramadan, umumnya kebutuhan sembako dan bahan pangan meningkat pesat sementara ada keterbatasan pergerakan. Oleh karena itu, Lazada meningkatkan ketersediaan sembako dan bahan pangan segar di platform melalui kerja sama dengan berbagai lembaga," kata Bobby Gandasaputra, EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia dalam video conference, Selasa (28/4/2020).

Baca Juga: BliBli Rilis 2 Fitur Baru, Biar Ramadanmu Makin Semangat!

Sebelumnya, Lazada telah menjalin kerja sama dengan Badan Logistik Nasional (Bulog) untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok.

Menurut Rektor IPB, Arif Satria, Rumah Sayur Group adalah unit usaha penjualan sayuran segar dari program Desa Sejahtera Astra dan Pembinaan Petani Muda (Destra Agro) Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB.

Destra Agro sendiri bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di bawah naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang bertugas membina dan mengembangkan 2.500 mitra tani yang tersebar di enam kabupaten dan 53 desa di Jawa Barat.

Pengembangan program ini melibatkan mahasiswa dan alumni muda IPB dengan konsep One Village One CEO. Sebelumnya, Rumah Sayur Group sudah memiliki kios di Jakarta Selatan. Namun, sejak PSBB, bahan-bahan segar ini dipusatkan di gudang di Depok dan tetap melayani pembeli setianya melalui platform Lazada. IPB mendukung program ini sebagai bagian dari gerakan Mari Belanja Sayur dari Rumah yang digagas IPB belum lama ini.

Bahan makanan segar yang dibeli konsumen di Lazada dapat segera diantar dengan jasa pengiriman instan dan bahan makanan segar yang dibeli akan tiba di rumah pembeli dalam waktu tiga jam setelah paket dijemput oleh mitra kurir–salah satu di antaranya Go-Jek. Selanjutnya, secara bertahap layanan pengiriman instan ini akan tersedia untuk mengakomodasi lebih banyak penjual sembako dan bahan makanan segar lainnya.

"Sejak adanya Covid-19, penjualan kami menurun dari biasanya 10-12 ton per hari, menjadi 3-4 ton per hari. Tidak dimungkiri dengan kerja sama ini, kami tetap bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan memastikan usaha dan juga kesejahteraan para mitra tani kami tetap berjalan dengan baik walau di tengah situasi yang menantang ini," kata Tubagus Diahinnur Hadikusma, VP Sales & Product Rumah Sayur Group.

Selain Rumah Sayur Group, konsumen Lazada juga dapat membeli sayur-mayur segar dari laman Cari Sayur, koperasi pedagang pasar induk di bawah Pasar Komoditi Nasional (PasKomNas).

Baca Juga: Realme Luncurkan Produk AIoT Keduanya, Ini Spesifikasinya

Lebih dari itu, Lazada sedang dalam tahap menjajaki kerja sama dengan Pasar Mitra Tani, Duta Milenial, Kostratani, dan Ayomart di bawah naungan Kementerian Pertanian, agar konsumen dapat memperoleh bahan pangan segar terbaik dari lebih banyak penjual pilihan.

Saat ini konsumen Lazada sudah dapat membeli barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, gula, tepung, dan lain sebagainya, melalui laman resmi Bulog. Lazada juga sedang menjajaki kerja sama dengan BUMN bidang pangan lain untuk bergabung menyediakan sembako bagi konsumen.

Lazada juga memadukan livestream hariannya dengan ide-ide dan tips memasak. Khususnya di bulan Ramadan, LazLive dengan tema #BerkahAdaDiRumah akan menampilkan sesi memasak dengan chef ternama yang akan memberikan inspirasi masakan sahur dan buka puasa.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement