Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Serentak, Bea Cukai Bagikan Sembako di Berbagai Daerah

Selasa 28 Apr 2020 22:16 WIB

Red: Budi Raharjo

Serentak, Bea Cukai Bagikan Sembako di Berbagai Daerah.

Serentak, Bea Cukai Bagikan Sembako di Berbagai Daerah.

Foto: Bea Cukai
Tak ada kata terlambat untuk tindakan yang diniatkan sebagai upaya meringankan beban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya menekan dampak ekonomi yang luar biasa di kalangan masyarakat, aksi sosial oleh Kantor Bea Cukai di tengah pandemi Covid-19 terus berlanjut ke berbagai daerah di beberapa provinsi yang dilakukan secara masif dan serentak. bea Cukai membagikan ribuan paket sembako dalam kurun waktu kurang dari seminggu di penghujung April 2020.

Menyusul beberapa kantor yang sebelumnya telah membagikan donasi, Bea Cukai Ternate dan Bea Cukai Sidoarjo turut menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada warga sekitar kantor masing-masing wilayah, pada Selasa (21/4) lalu.

“Wabah Covid ini memberi dampak yang besar bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang terpaksa bekerja di rumah, penghasilan yang menurun dan tak sedikit juga yang harus tetap terjun ke jalan dengan menanggung resiko demi melanjutkan hidup,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Dicky Hadi Pratama.

Ia menyampaikan, sebagai wujud kepedulian Bea Cukai yang tergabung dalam Forum BUMN dan Kementerian Keuangan Provinsi Maluku Utara Berbagi, telah dilaksanakan kegiatan pembagian bahan pokok dalam bentuk paket sembako yang berlangsung di beberapa tempat. “Pembagian bahan pokok kepada pramubakti dilaksanakan di Kantor Bea Cukai Ternate, dan kepada masyarakat di sekitar Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dilaksanakan di halaman Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Ternate, sedangkan untuk pembagian kepada para pensiunan pegawai, kami langsung menyambangi kediaman masing-masing pensiunan,” jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 100 paket sembako juga telah didistribusikan di sekitar kantor Bea Cukai Sidoarjo kepada masyarakat yang bergantung pada pekerjaan harian dan yang kurang mampu. Uluran tangan berupa sembako tersebut berlanjut di Kota Magelang, Madiun, dan Ambon pada Kamis (23/04).

Untuk wilayah Magelang sendiri, telah disalurkan sebanyak 40 paket sembako kepada para tukang becak dan pemulung sekitar. Selain itu, Bea Cukai Magelang juga bekerjasama dengan Yayasan Baitul Maal BMT Karisma Kota Magelang dan telah menyalurkan sebanyak 2.020 paket sembako yang juga disalurkan kepada para tukang becak dan pekerja harian lain yang membutuhkan.

Sama halnya dengan Bea Cukai Magelang, Bea Cukai Madiun yang juga bekerja sama dengan lebaga sosial Sedekahkeu dan Langkah Juang telah mendistribusikan 147 paket sembako sekaligus dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1441 H. “Tim relawan kami telah menyerahkan beberapa paket bantuan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Madiun dan sisanya dibagikan kepada para pekerja harian di wilayah Kota dan Kabupaten Madiun,” ungkap Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madiun, Srihananto Bawono.

Masih pada hari yang sama, sebanyak 100 paket sembako juga telah dibagikan oleh pegawai Bea Cukai Ambon kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. "Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan" tutur Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia.

Berselang satu hari, pada Jumat (24/4) Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Bea Cukai Kendari turut andil dalam meringankan beban pekerja harian yang terdampak wabah Covid-19 dengan melakukan kegaiatan serupa di masing-masing wilayah. Tak mau ketinggalan, Bea Cukai Kupang pada Sabtu (25/04) juga telah menyalurkan bantuan sembako sebanyak 51 paket kepada para pekerja harian sekitar Kota dan Kabupaten Kupang.

“Tidak ada kata terlambat untuk sebuah tindakan yang diniatkan sebagai upaya meringankan beban, sehingga menyikapi kondisi ini, kami kerahkan seluruh pegawai untuk berpartisipasi menyalurkan donasi. Tidak banyak yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat untuk menghadapi pandemi ini,” tutur Kepala Kantor Bea Cukai Kupang, I Ketut Suardinaya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA