Selasa 28 Apr 2020 20:53 WIB

BLT Dana Desa Mulai Disalurkan

BLT diberikan berdasarkan hasil pendataan Relawan Desa

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Program kompensasi kenaikan BBM berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). (ilustrasi)
Foto: Antara
Program kompensasi kenaikan BBM berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA — Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa di Kabupaten Purwakarta mulai disalurkan, Selasa (28/4).

BLT ini diberikan kepada kepada masyarakat penerima manfaat yang terdampak pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan BLT dari dana desa memang mulai disalurkan.

Masyarakat menerima bantuan uang tunai Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan, mulai April, Mei dan Juni 2020. BLT  diberikan berdasarkan hasil pendataan Relawan Desa.

"Hasil pendataan tersebut sebelumnya telah di musyawarahkan melalui Musdes yang kemudiaan dituangkan dalam Perkades yang disahkan oleh camat setempat," kata Jaya dalam keterangan tertulisnya.

Jaya menyatakan hal tersebut karena Dana Desa Tahap Pertama sudah masuk Rekening Desa dan desa sebagian besar sudah melaksanakan Musdes. "DPMD sudah memberikan surat kepada desa untuk segera menyalurkan BLT yang bersumber dari DD paling lambat akhir April ini, karena uang sudah masuk Rekening Desa masing-masing dan desa sudah melaksanakan Musdes, jadi harus segera di salurkan," ujar dia.

Jaya juga menghimbau agar proses penyaaluran BLT bisa berjalan kondusif. Proses penyaluran BLT desa ke masyarakat harus tetap mamatuhi protokol covid-19, transparan dan melibatkan unsur intansi terkait agar berjalan dengan baik. Salah satu Kecamatan yang telah menyalurkan BLT Dana Desa adalah Kecamatan Wanayasa. Penyaluran bantuan diberikan secara bertahap.

"Minggu ini desa-desa di Kecamatan Wanayasa akan menyalurkan BLT yang berasal dari Dana Desa ke masyarakat penerima manfaat, dimulai hari ini desa Wanayasa, sisanya ada yang hari Rabu dan Kamis," ujar Camat Wanayasa Usep. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement