Selasa 28 Apr 2020 15:28 WIB

26 Tenaga Medis RSUP dr Kariadi Sembuh dari Covid-19

Sebanyak 26 dari 34 tenaga kesehatan RSUP dr Kariadi dinyatakan sembuh

Rep: Bowo pribadi/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah pengunjung rumah sakit mengenakan masker di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (28/1/2020).
Foto: Antara/Aji Styawan
Sejumlah pengunjung rumah sakit mengenakan masker di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (28/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG—Sebanyak 26 dari 34 tenaga kesehatan RSUP dr Kariadi Semarang yang sempat dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani karantina di Hotel Kesambi Hijau, Semarang dilporkan telah sembuh. Kabar gembira perihal kesembuhan ke-26 tenaga kesehatan tersebut, kali pertama diketahui dari unggahan melalui akun media sosial (medsos) milik RSUP dr Kariadi Semarang, pada Selasa (28/4).

Dalam unggahan tersebut disebutkan sebanyak 26 tenaga kesehatan telah dinyatakan negatif Covid-19, setelah sebelumnya menjalani karantina dan pengawasan kesehatannya. Sementara delapan orang tenaga kesehatan lainnya masih harus menunggu proses pemeriksaan lebih lanjut dan tetap menjalani karantina, sekaligus untuk memastikan mereka benar- benar telah negatif Covid-19.

Alhamdulillah, kita patut mensyukuri kabar tersebut, dan ini bisa membuat semangat lagi bagi tenaga kesehatan yang lainnya,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat dikonfirmasi usai menerima perwakilan serikat buruh Jawa Tengah, di Semarang, Selasa (28/4).

Menurut gubernur, selain karena tenaga medis maupun para medis yang paham betul dengan protokol kesehatan, dukungan penuh dari masyarakat juga menjadi faktor utama dalam membantu kesembuhan para tenaga kesehatan tersebut.

Masyarakat yang ada di sekitar hotel Kesambi Hijau memberikan dukungan dengan mengirim vitamin, buah- buahan, hingga bantu jaringan internet.

“Bantuan dan dukungan itu membuat para tenaga medis ini tetap happy dalam menjalani masa karantina. Hebat mereka, kami senang dan bangga dengan kabar kesembuhan mereka,” tegas Ganjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 46 orang dikarantina di Hotel Kesambi Hijau Kota Semarang karena dinyatakan positif covid-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 34 orang di antaranya adalah dokter, perawat dan tenaga medis di RSUP dr Kariadi Semarang. Mereka, sebelumnya dinyatakan positif covid-19 karena tertular dari pasien yang tidak jujur baru pulang dari daerah zona merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement