Selasa 28 Apr 2020 07:31 WIB

Liga Sepak Bola Argentina Musim Ini Resmi Dihentikan

AFA juga akan menghapus degradasi di kompetisi teratas Liga Argentina.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Liga Argentina dihentikan karena pandemi corona.
Foto: teslabet.com
Liga Argentina dihentikan karena pandemi corona.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) akhirnya resmi mengumumkan penghentian seluruh gelaran kompetisi sepak bola profesional di Argentina. Selain itu, AFA juga akan menghapus degradasi di kompetisi teratas Liga Argentina dalam dua musim mendatang.

"Semua kompetisi telah berakhir, dan besok, keputusan ini akan diratifikasi oleh Komite Eksekutif, yang akan dilakukan via video conference," kata Presiden AFA, Claudio Tapia, dikutip dari TNT Sports, Senin (27/4).

Penghentian seluruh kompetisi sepak bola profesional di Argentina ini merupakan respons dari pandemi Covid-19. Hingga Senin waktu setempat, kasus positif Covid-19 di Argentina telah mencapai 3.892 kasus dan menyebabkan 392 orang meninggal dunia. Pemerintah Argentina pun berencana memperpanjang masa karantina wilayah hingga 10 Mei mendatang.

Tapia menyebut, kompetisi sepak bola profesional di Argentina baru akan kembali bergulir usai mendapatkan rekomendasi dan lampu hijau dari otoritas kesehatan dan Pemerintah Argentna. "Kami akan kembali ke lapangan saat otoritas kesehatan memberikan izin. Kami akan kembali merumput saat kondisinya benar-benar memungkinkan dan pada waktu yang tepat," ujar Tapia.

Liga Argentina atau biasa disebut Superliga Argentina musim ini sebenarnya memang sudah berakhir pada Maret silam. Boca Juniors tampil sebagai juara dengan raihan 48 poin dari 23 laga, unggul satu poin dari River Plate, yang berada di peringkat kedua.

Namun, putaran kedua kompetisi ini, atau bisa disebut Copa de la Superliga, rencananya baru akan digelar pada Mei mendatang. Dengan keputusan AFA tersebut, Copa de la Superliga musim ini urung digelar. 

Tidak hanya soal penghentian kompetisi, AFA juga memutuskan akan meniadakan degradasi pada dua musim Liga Argentina berikutnya. Seperti dilansir Ole, pada dua musim ke depan, dua tim dari kompetisi kasta kedua, Primera Nacional, bisa langsung promosi ke Superliga. Dengan begitu, Superliga musim 2020/2021 akan diikuti 26 tim, dan musim berikutnya akan diikuti oleh 28 tim.

Sementara di kompetisi kontinental, Boca Juniors, River Plate, Racing Club, dan Argentinos Juniors bakal menjadi wakil Argentina di pentas Copa Libertadores musim depan. Sedangkan di Copa Sudamericana, Velez Sarsfield, San Lorenzo, Newell’s Old Boys, Talleres, Defensa y Justicia, dan Lanus lolos ke babak kualifikasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement