Selasa 28 Apr 2020 07:16 WIB

Swalayan di Saudi Perketat Prosedur Kesehatan

Anak-anak berusia di bawah 15 tahun dilarang masuk ke swalayan di Saudi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Perempuan Arab Saudi berbelanja di pasar swalayan
Foto: Maktoob.com
Perempuan Arab Saudi berbelanja di pasar swalayan

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Toko swalayan di Kerajaan Arab Saudi kembali buka di malam hari pasca penghapusan sementara jam malam. Namun swalayan wajib  mematuhi segala prosedur kesehatan guna mencegah penularan corona.

Dilansir dari Arab News pada Senin, (27/4), pedoman kesehatan yang diterapkan diantaranya penyemprotan disinfektan tiap 24 jam sekali. Pelanggan dilarang membayar dengan uang tunai.

Baca Juga

Para pelanggan juga wajib menerapkan jarak sosial setiap waktu. Anak-anak berusia di bawah 15 tahun dilarang masuk ke swalayan baik ditemani orang dewasa atau sendirian.

Kemudian bagi mall, diminta hanya membuka layanan swalayan. Sedangkan layanan hiburan seperti bioskop atau tempat bermain diharuskan tetap tutup. Bahkan ruang ibadah dan ruang ganti di mall diwajibkan tutup.

Layanan lift tak diperbolehkan beroperasi jika mall punya tangga dan eskalator. Pengoperasian lift hanya boleh untuk dua orang sekali naik turun.

Dari segi pembayaran, harus dilakukan secara elektronik. Pelanggan yang sudah membeli barang dilarang melakukan penukaran dan pengembalian. Selama belanja, pelanggan dan petugas swalayan wajib mengenakan masker. Jika seseorang diduga terjangkit corona, maka dibawa ke ruang isolasi sembari menunggu petugas kesehatan tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement