Selasa 28 Apr 2020 06:10 WIB

Cara Pakai UMeetMe, Aplikasi Video Call Karya Anak Bangsa

Telkom memiliki aplikasi konferensi video berbasis website chrome bernama UMeetMe.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
umeetme
umeetme

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bekerja dan belajar dari rumah, banyak orang aktif melakukan panggilan konferensi video dengan bermacam-macam aplikasi. Perusahaan telekomunikasi Indonesia, Telkom pun memiliki aplikasi konferensi video berbasis website chrome bernama UMeetMe.

UMeetMe  ini cukup mudah untuk digunakan karena memiliki fitur-fitur yang sama seperti aplikasi konferensi video kebanyakan. Untuk menggunakan UMeetMe, pengguna bisa mengakses situs resmi umeetme.id melalui browser.

Baca Juga

Di halaman web yang dominan dengan warna merah, terdapat kolom panjang untuk membuat room rapat. Pengguna yang menjadi host bisa memasukkan nama room lalu mengklik create.

Kemudian pengguna harus mengisi nama yang akan menjadi username. Setelah selesai, klik tombol allow  untuk mengaktifkan kamera dan mikrofon

Untuk mengundang para rekan kerja atau siswa di sekolah, host bisa menyalin dan mengirimkan tautan ke mereka.  Host juga bisa mengunci room tersebut agar tidak sembarang orang masuk. Jadi setiap orang yang mengakses room, harus memasukkan kata sandi.

Yang menarik, di bagian bawah room terdapat sebaris ikon-ikon fitur UMeetMe. Diantaranya, share screen (untuk membagikan layar presentasi), raise/lower your hand, open/close chat, mute/unmute microphone, start/stop camera, toogle tile view (untuk menampilkan beberapa layar secara bersamaan dengan mode tile). Pengguna bisa mengatur kualitas video di setting UMeetMe dan mengakhiri  rapat dengan mengklik ikon telepon yang berada di lingkaran merah.

Selain itu, pengguna bisa menggunakan UMeetMe di ponsel pintar. Caranya, pengguna terlebih dulu memasang aplikasi Jitsi Meet.

Klik tautan URL yang sudah dibagikan lalu lanjutkan ke aplikasi. Pengguna sudah tergabung dalam room. Jika tidak mengunduh aplikasi Jitsi Meet, pengguna bisa menggunakan browser yang ada di ponsel untuk mengakses UMeetMe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement