Senin 27 Apr 2020 18:52 WIB

Jokowi dan Presiden Iran Bahas Penanganan Covid 19

Presiden Jokowi dan Presiden Iran membahas penanganan wabah Covid 19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Bayu Hermawan
Presiden RI Joko Widodo
Foto: dok. Kementerian Luar Negeri RI
Presiden RI Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Hassan Rouhani telah menjalin percakapan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penanganan wabah Covid 19 menjadi salah satu topik yang mereka bicarakan. 

Pada kesempatan itu, Rouhani mengatakan Iran siap membantu Indonesia dalam menangani wabah Covid 19. Rouhani menyebut Iran dapat memasok kebutuhan peralatan dan produk medis.

Baca Juga

"Republik Islam Iran telah membuat kemajuan yang baik di bidang sains dan teknologi, penyediaan dan pembuatan kebutuhan seperti kit diagnostik, ventilator, CT scan, masker N-95, dan siap bekerja sama serta berinteraksi dengan Indonesia dalam hal ini," kata Rouhani, dikutip laman Mehr News Agency pada Senin (27/4).

Jokowi turut menggarisbawahi perlunya perluasan kerja sama bilateral terkait perang melawan virus korona. Dia berharap ada pertukaran pengalaman dan pencapaian teknologi dalam hal ini. Menurut Jokowi, semua negara, khususnya negara-negara Muslim, harus bersatu untuk mengalahkan pandemi Covid 19.

Mengacu pada hubungan timbal balik yang hangat antara kedua negara, Rouhani dan Jokowi berharap kegiatan Iran-Indonesia Joint Commission Meeting ke-13 yang nanti akan dihelat dapat memudahkan implementasi dari kesepakatan bersama yang dibuat. 

Dalam pembicaraannya, Rouhani dan Jokowi saling memberi ucapan selamat atas datangnya Ramadan. Mereka berharap bulan suci tersebut akan meningkatkan solidaritas di antara umat Islam. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement