Selasa 28 Apr 2020 03:16 WIB

Jubir Pemerintah: Seribu Rumah Sakit Rawat Pasien Covid-19

Kapasitas untuk pasien Covid-19 saat ini berjumlah lebih dari 10 ribu tempat tidur.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: ANTARA/dhemas reviyanto
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat lebih dari seribu rumah sakit di Indonesia yang melaporkan telah merawat pasien Covid-19. Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, status seribu rumah sakit itu merawat pasien Covid-19 maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

"Seribu rumah sakit lebih ini merupakan gabungan baik rumah sakit pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun rumah sakit swasta, rumah sakit TNI/Polri, yang terintegrasi dalam satu sistem dan di dalam koordinasi Gugus tugas baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (27/4).

Yurianto mengungkap, kapasitas untuk pasien Covid-19 saat ini berjumlah lebih dari 10 ribu tempat tidur. Namun, dari kapasitas itu saat ini masih ditempati sekitar 7-8 ribu pasien.

"Artinya sebenarnya secara kapasitas masih sangat cukup untuk itu (jika ada penambahan pasien)," ujarnya.

Selain itu, Yurianto juga mengungkap secara bertahap Pemerintah akan meningkatkan infrastruktur untuk bisa memproduksi secara mandiri reagen atau alat tes. Hal ini untuk bisa meningkatkan kemampuan tes Covid-19.

"Oleh karena itu ini menjadi sesuatu yang penting dan menjadi salah satu yang menjadi prioritas pemerintah agar secara mandiri kita pun nanti menuju ke kemampuan melaksanakan produksi tes kit dan Reagen," ungkapnya.

Hari ini, Terdapat penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 214 orang dalam 24 jam terakhir, dari Ahad (26/4) hingga hari ini. Sehingga, total pasien positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 9.096 orang.

Angka ini didapat dari pemeriksaan terhadap lebih dari 75.157 spesimen, yang diambil dari 59.409 pasien terduga dan positif Covid-19 dan diperiksa di lebih dari 58 laboratorium. Selain itu, terdapat penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 44 orang sejak Ahad (26/4) sampai Senin (27/4). Artinya, total pasien sembuh dari Covid-19 sudah mencapai 1.151 orang.

Sementara, jumlah pasien yang meninggal dunia juga mengalami penambahan sebanyak 22 orang dalam satu hari. Hingga hari ini, jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 765 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement