Senin 27 Apr 2020 10:01 WIB

Proyek Pembangunan Labuan Bajo Digarap Tahun Ini

Pembangunan infrastruktur dilakukan setelah wabah corona berakhir.

Labuan Bajo, NTT
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Labuan Bajo, NTT

REPUBLIKA.CO.ID,  KUPANG -- Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Ch Dulla mengatakan lima paket pekerjaan pembangunan pariwisata Labuan Bajo segera dikerjakan tahun ini. Dia mengatakan, pembangunan lima proyek itu untuk mendukung pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Labuan Bajo.

Lima paket proyek itu segera dibangun setelah Kementerian PUPR RI melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang dan Ditjen Bina Marga melakukan penandatanganan lima paket pekerjaan.

Baca Juga

"Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR sudah melakukan penandatanganan lima paket pekerjaan pembangunan jalan dalam kaitan penataan kawasan wisata Labuan Bajo. Lima paket proyek itu segera dibangun," kata Agustinus Dulla.

Paket proyek yang telah ditandatangani terdiri dari empat paket peningkatan jalan dan penataan trotoar serta Drainase di KSPN Premium Labuan Bajo di Jalan Soekarno-Hatta Atas. Panjangnya mencapai 9,97 kilometer dengan anggaran Rp 55,8 miliar.

Selain itu, pembangunan jalan juga dilakukan untuk ruas jalan Soekarno-Hatta Bawah sepanjang 10,05 Km dengan anggaran Rp 41,6 miliar, Jalan Simpang Pede sepanjang 20,03 Km dengan anggaran sebesar Rp 84 miliar. Selanjutnya, Jalan Yohanes Sahadun sepanjang 20,23 Km dengan anggaran Rp 46,7 miliar, serta satu paket Peningkatan Jalan Kawasan Pariwisata Wae Cicu sepanjang 4 kilometer dengan anggaran Rp 21,7 miliar.

Dengan demikian tambah Agustinus Ch Dulla, pembangunan infrastruktur di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat itu dapat mengimbangi pembangunan sektor Pariwisata di Labuan Bajo pada tingkat premium.

“Pembangunan infrastruktur ini dapat mengimbangi pariwisata premium di Labuan Bajo, karena itu investor tetapwelcome ke Manggarai Barat dengan memperhatikan kualitas proyek yang dibangun secara serius," ujar Agustinus Ch Dulla.

Ia berharap, semua paket pekerjaan dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata di Labuan Bajo dapat dikerjakan pada 2020 apabila wabah Corona  berakhir.

"Kami berharap semua paket pekerjaan KSPN bisa dikerjakan pada tahun ini, walau wabah COVID-19 masih melanda bangsa kita. Mari kita sama-sama berdoa, agar wabah ini segera berlalu dan aktivitas pembangunan dalam mendukung sektor pembangunan pariwisata di Manggarai Barat normal kembali,” kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement