Senin 27 Apr 2020 05:27 WIB

PM Italia Beri Lampu Hijau Klub Serie A Berlatih 4 Mei

Pelatihan individual akan lebih dahulu digelar pada 4 Mei.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
PM Italia Giuseppe Conte menjelaskan situasi antisipasi Virus Corona di Italia.
Foto: EPA-EFE/FILIPPO ATTILI/CHIGI PALACE PRESS OFF
PM Italia Giuseppe Conte menjelaskan situasi antisipasi Virus Corona di Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memberikan lampu hijau untuk klub-klub Serie A Liga Italia menggelar latihan pertama pada 4 Mei 2020. Hal itu setelah pandemi virus corona mulai mereda di Italia.

Nantinya pelatihan individual akan lebih dahulu digelar pada 4 Mei. Ada protokol bahwa para pemain harus menghormati aturan jarak sosial, sebelum menjalani pelatihan tim pada 18 Mei.

Baca Juga

"Kemudian kita akan mencoba melihat apakah mereka dapat melanjutkan kompetisi yang ditangguhkan. Kita hanya akan mencapai kesimpulan ini jika dapat dijamin aman. Kita tidak ingin atlet kita sakit," jelas Giuseppe Conte dikutip Reuters, Senin (27/4).

Italia adalah negara Eropa pertama yang terkena virus corona dan penyebaran infeksi Covid-19 kedua terbesar di dunia setelah China. Alhasil, Serie A resmi ditangguhkan sejak 9 Maret lalu.

Kini, jumlah korban covid-19 semakin menurun dan pemerintah Italia tengah merencanakan menurunkan intensitas lockdown, meski social distancing akan tetap berlaku.

"Saya bersemangat untuk sepak bola. Seperti banyak orang Italia, pada awalnya saya merasa aneh bahwa kompetisi bisa terganggu atau ditangguhkan. Tetapi saya pikir bahkan penggemar yang paling bersemangat pun memahami bahwa tidak ada alternatif," kata Conte.

Lebih lanjut, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah menyusun protokol medis untuk pelatihan. Adapun, untuk memulai pelatihan, setiap klub akan membentuk kelompok pemain, staf teknis, dokter dan fisioterapis yang akan diuji dan kemudian diisolasi di kamp pelatihan.

Ada juga rencana untuk menyumbangkan lima covid test-kit untuk setiap kit yang digunakan oleh klub agar menghindari kritik bahwa sepak bola mengambil sumber daya yang sangat dibutuhkan dari daerah lain.

"(Menteri Olahraga) Vincenzo Spadafora akan bekerja secara intensif dengan para ilmuwan dan pemimpin olahraga untuk memastikan pelatihan itu aman," kata Conte.

Masih ada 12 putaran pertandingan yang akan dimainkan di Serie A. Untuk sementara juara bertahan Juventus berada di posisi pertama klasemen diikuti SS Lazio dan Inter Milan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement