Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Disambut Ratusan Warga, Mentan Tinjau ATM Beras di Cibinong

Ahad 26 Apr 2020 18:55 WIB

Red: Hiru Muhammad

Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo memantau jalanya distribusi beras gratis melalui ATM Pertanian Sikomandan yang didirikan di Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sana, Mentan membagikan kartu kepada warga pra sejahtera yang mengantre sejak siang hari.

Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo memantau jalanya distribusi beras gratis melalui ATM Pertanian Sikomandan yang didirikan di Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sana, Mentan membagikan kartu kepada warga pra sejahtera yang mengantre sejak siang hari.

Foto: istimewa
ATM Pertanian memiliki kapasitas oprasional sebesar 1,5 ton per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo memantau jalanya distribusi beras gratis melalui ATM Pertanian Sikomandan yang didirikan di Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sana, Mentan membagikan kartu kepada warga pra sejahtera yang sudah antri sejak siang hari.

"ATM ini adalah rencana saya bersama KSAD untuk memberi dukungan kepada masyarakat terkena dampak Corona yang belum mendapat bantuan dari berbagai pihak. Maka, ini adalah giliran panglima dan jajaran TNI untuk bergerak membantu rakyat," ujar Mentan yang didampingi Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Ahad (26/4).

Mentan mengatakan, ATM Pertanian memiliki kapasitas oprasional sebesar 1,5 ton per hari. Nantinya beras ini akan dibagikan kepada 1000 warga penerima kartu yang disuplay setiap hari selama dua bulan ke depan. "Ini adalah bagian dari uji coba yang Insya Allah akan kita evaluasi. Perlu dicatat, program ini bukan untuk cari nama, pencitraan dan lain-lain. Program ini wajib menjadi fokus utama kita sebagai pengabdian kepada bangsa dan negara," katanya.

Dalam kesempatan ini, Mentan juga berpesan agar masyarakat mematuhi aturan main pemerintah mengenai pembatasan sosial berskala besar dengan cara berdiam diri di rumah dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Pesan saya adalah, covid 19 ini kan diprediksi akan memuncak di Bulan Mei. Jadi saya harap kalian menjaga kesehatan dengan memakai masker, olahraga, tidak berdekatan dan hindari kerumunan. Biarlah kami dan Bapak Panglima yang berjuang menyediakan bahan makanan kebutuhan pokok," katanya.

Keberadaan ATM Beras ini disambut antusias warga sekitar. Aminah (44) misalnya, warga Kecamatan Cibinong ini berterimaksih kepada pemerintah dan jajaran TNI yang menyediakan beras gratis untuk kebutuhan warga miskin. "Alhamdulillah. Terima kasih. Saya bersyukur hari ini dapat beras. Beras ini mau saya masak hari ini untuk berbuka puasa," ujar Aminah.

Ia mengakui, selama darurat Covid, kebutuhan bahan pokok sangat sulit didapatkan. Apalagi, sumber ekonomi yang didapat dari kerja serabutan tak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. "Saya maunya ATM ini ada di tiap tempat. Sekali lagi saya mengucapkan terimaksih," tuturnya.

Kehadirian Mentan di Kodim 0621 disambut ratusan warga Bogor yang menunggu sejak siang hari. Mereka datang dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Bogor dengan pola physical distancing.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA