Sabtu 25 Apr 2020 21:53 WIB

Siaran Langsung Pertama Sepak Bola

Hal yang lumrah dapat menyaksikan siaran langsung sepak bola dari berbagai negara.

Siaran Langsung Sepak Bola Ilustrasi.
Foto: AP/Martin Meissner
Siaran Langsung Sepak Bola Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Saat ini hal yang lumrah dapat menyaksikan siaran langsung sepak bola dari berbagai negara dengan begitu mudahnya. Bagaimana dengan zaman dahulu?

Dilansir dari CJC Online, Kamis (6/2), radio di Kanada pada awalnya merupakan perusahaan yang modalnya berasal dari perusahaan swasta. Waktu itu negara belum banyak mengintervensi radio. Pada 1922, radio berkembang lebih luas dan hampir dimiliki oleh semua produsen peralatan radio maupun surat kabar.

Seperti perusahaan CFCA di Toronto yang dimiliki oleh Star Printing and Publishing Company. Perusahaan ini kemudian menyiarkan pertandingan Midland melawan Toronto. Siaran langsung tersebut rupanya berdampak kepada penyiaran pertandingan olahraga selanjutnya.

Empat tahun kemudian, siaran sepak bola di Inggris merebak. Arsenal menjadi tim Inggris pertama yang mengudara di radio. Laga Arsenal versus Sheffiel United pada 22 Januari 1927 menjadi laga sepak bola pertama yang disiarkan langsung lewat radio.

Karena itu, saat Indonesia mulai menyiarkan pertandingan olahraga melalui pesawat radio, Indonesia sudah ketinggalan jauh dari Kanada. Siaran langsung pertandingan cabang sepak bola di Asian Games melawan Jepang tahun 1954 di Manila, Filipina, dan pertandingan Indonesia versus Uni Soviet pada Olimpiade Melbourne 1956 adalah dua peristiwa penting olahraga Indonesia yang disiarkan melalui radio. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement