Sabtu 25 Apr 2020 18:30 WIB

RSUD Tangerang Khusus Corona, Pasien Lain Diharap ke Sini

RSUD Kota Tangerang untuk sementara waktu tidak bisa melayani pasien penyakit umum

Rep: Alkhaledi/ Red: Gita Amanda
Petugas berjaga di pintu masuk RSUD Kota Tangerang, Banten. RSUD Tangerang untuk sementara tak melayani pasien dengan keluhan lain.
Foto: Antara/Fauzan
Petugas berjaga di pintu masuk RSUD Kota Tangerang, Banten. RSUD Tangerang untuk sementara tak melayani pasien dengan keluhan lain.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang saat ini telah menjadi RS rujukan untuk melayani pasien Covid-19 sejak Senin (20/4). Karenanya, Pemkot Tangerang menganjurkan agar pasien dengan keluhan umum untuk berobat di 28 RS lain yang ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menuturkan pelayanan umum di RSUD Kota Tangerang ditiadakan sementara waktu guna berfokus untuk menangani pasien PDP dan positif Covid-19. Meski begitu, pelayanan di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas tetap dioperasikan, masyarakat juga masih bisa mendapat layanan di rumah sakit swasta di Kota Tangerang.

"RSUD Kota Tangerang untuk sementara waktu tidak bisa melayani pasien dengan penyakit umum, hanya untuk Covid19," jelas Liza Puspadewi, Sabtu (25/4).

Dia menambahkan, pihaknya berharap masyarakat dapat memahami kondisi ini dan bisa sama-sama mengerti agar tidak terjadi kesalahpahaman. Sementara bagi masyarakat Kota Tangerang yang ingin berobat menggunakan kartu BPJS, ia juga menyebut agar tidak perlu khawatir karena Pemerintah Kota (Pemkot) telah melakukan kerjasama dengan semua rumah sakit yang ada di Kota Tangerang.

"Sejak tanggal 28 Febuari 2017 kota Tangerang sudah menerapkan progam Universal Health Coverage (UHC) yang memiliki manfaat untuk memberikan jaminan kepada masyarakat Kota Tangerang dalam mendapatkan pelayanan Kesehatan," katanya.

Menurutnya, hingga kini sudah ada 29 rumah sakit yang sudah menandatangani MoU yang terafiliasi dengan BPJS dan bisa memberikan pelayanan kesehatan untuk peserta BPJS.

Adapun 28 RS yang terafiliasi BPJS selain RSUD Kota Tangerang, meliputi:

1. RSUP dr. Sitanala

2. RS EMC

3. RS Mayapada

4. RS Sari Asih Karawaci

5. RS Primaya

6. RS Sari Asih Ciledug

7. RS An-Nisa

8. RS Bhakti Asih

9. RS Hermina Tangerang

10. RS Melati

11. RS Aminah

12. RS Mulya

13. RS Islam Sari Asih Ar-Rahmah

14. RS Dinda

15. RS Sari Asih Sangiang

16. RS Permata Ibu

17. RS Aqidah

18. RS TK IV Daan Mogot

19. RSIA Bunda Sejati

20. RS Karang Tengah Medika

21. RS Medika Lestasi

22. RS Ibu dan Anak Assyifa

23. RS Ibu dan Anak Karunia Bunda

24. RS Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Cipondoh

25. RS Ibu dan Anak Gebang Medika

26. RS Ibu dan Anak Pratiwi

27. RS Ibu dan Anak Makiyah

28. RS Tiara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement