Manfaat Pisang, Buah yang Disebut dalam Alquran

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

 Sabtu 25 Apr 2020 16:10 WIB

Manfaat Pisang, Buah yang Disebut dalam Alquran. Foto: Pedagang memasarkan salah satu komoditas holtikultura, buah pisang di pasar tradisional Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (11/2/2020). Foto: Antara/Ampelsa Manfaat Pisang, Buah yang Disebut dalam Alquran. Foto: Pedagang memasarkan salah satu komoditas holtikultura, buah pisang di pasar tradisional Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (11/2/2020).

Pisang memiliki banyak manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Bahkan, buah pisang disebut dalam Alquran.

"Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon-pohon pisang bersusun-susun (buahnya). Lahan yang terbentang luas dan air yang berlimpah membuat pohon selalu berbuah. Tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya." (QS al-Waqi'ah: 28-33).

Berasal dari Asia, buah-buahan ini tersebar di spanyol, Italia, Indonesia, Amerika, dan bagian dunia yang lain. Tumbuhan pisang menyukai daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari, cocok tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 meter lebih di atas permukaan laut.

Menurut penelitian, pisang mengandung kadar vitamin A, B1, C, lemak, mineral (kalium, klorin, natrium, magnesium, posfor ), karbohidrat, dextrose, air, sukrosa, levulose, zat putih telur, dan zat tepung. Berikut ini adalah manfaat pisang yang luar biasa:

Sumber Energi

Pisang kaya vitamin B6. Buah ini dapat memancing reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino. Unsur kimiawi ini meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan tubuh, membantu produksi energi. Pisang dapat menyembuhkan anemia (kekurangan sel darah merah dalam darah atau dalam kadar hemoglobin penderita.

Menyembuhkan Demam

Buah yang sangat bergizi ini terdiri atas air (75 persen), protein (1,3 persen), dan lemak (0,6 persen). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Jumlah potasium yang dikandungnya mencapai 0,24 persen. Kandungan ini memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.  

Menurunkan Tekanan Darah

Pisang menurunkan tekanan darah. Saat tensi darah naik, biasanya meng akibatkan kepala pusing. Jika dibiarkan meningkat maka akan berdampak pada pecahnya pembuluh darah. Nah, untuk mengurangi tensi darah, seseorang bisa mengonsumsi pisang. Buah ini sangat mung kin diolah untuk beragam sajian, seperti jus yang dicampur dengan buah lainnya. Bisa juga dimakan langsung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X