Sabtu 25 Apr 2020 17:49 WIB

Parah Banget! 267 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dijual Cuma Rp9 Jutaan di Dark Web

Mayoritas informasi pribadi itu berasal dari pengguna di Amerika Serikat.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Parah Banget! 267 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dijual Cuma Rp9 Jutaan di Dark Web. (FOTO: Unsplash/dole777)
Parah Banget! 267 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Dijual Cuma Rp9 Jutaan di Dark Web. (FOTO: Unsplash/dole777)

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Tingkat keamanan siber kembali jadi perhatian karena munculnya laporan yang menyebut, ratusan juta data penggunanya dijajakan di dark web. Berdasarkan laman Giz China, ada 267 juta data pribadi pengguna media sosial Facebook yang dijual di situs ilegal.

Parahnya, data-data pribadi itu dijual hanya senilai Rp 9,2 juta.

"Data pribadi dari 267 juta akun Facebook yang diretas itu dipasarkan di dark web," lapor situs Bleeping Computer, dilansir Jumat (24/4/2020).

 

Baca Juga: Facebook 'Pepet' Gopay, Ovo, LinkAja, Bakal Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp dan Facebook?

Mayoritas informasi pribadi itu berasal dari pengguna dari Amerika Serikat (AS), mencakup nama lengkap, surat elektronik, tanggal lahir, hingga nomor telepon.

Peneliti yang mengungkapkan temuan itu, Bob Diachenko berhipotesis, "(saya) menemukan data yang dijual oleh hacker di dark web lewat Facebook API."

Pada akhirnya, ratusan juta data pribadi pengguna Facebook itu dibeli oleh Cyble, dengan klaim demi mencegah para peretas mengakses akun-akun itu lagi.

Sebelumnya, peneliti dari lembaga keamanan siber juga menemukan 530 ribu akun Zoom yang data pribadinya dijual di situs ilegal.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement