Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Pasien Covid-19 Karawang yang Sembuh akan Diisolasi Lanjutan

Jumat 24 Apr 2020 20:56 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Gita Amanda

Sebanyak dua orang pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang dinyatakan sembuh, Jumat (24/4). Foto virus corona (ilustrasi).

Sebanyak dua orang pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang dinyatakan sembuh, Jumat (24/4). Foto virus corona (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Total sudah ada 24 pasien di Kawarang yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sebanyak dua orang pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang dinyatakan sembuh, Jumat (24/4). Total sudah ada 24 pasien di Kawarang yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penyebaran Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan kedua pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah melalui proses uji swab sebanyak dua kali, dan mendapatkan hasil negatif. Sebelumnya merupakan pasien yang mendapatkan perawatan di RSUD Kabupaten Karawang.

Fitra mengatakan rencananya Pemkab akan menyiapkan gedung yang dijadikan tempat isolasi lanjutan khusus bagi pasien yang telah dinyatakan sembuh. Sebab, pasien sembuh juga tetap harus menjalani isolasi mandiri sebelum beraktivitas seperti semula.

Baca Juga

“Setelah pasien dinyatakan negatif dua kali, tetap sesuai protap pasien menjalani isolasi mandiri sepama tujuh hari di Balai Latihan Kerja selanjutnya tujuh hari di rumah sehingga total 14 hari,” kata Fitra dalam konferensi persnya, Jumat (24/4).

Meski demikian, hingga Jumat 24 April 2020 pukul 14.00 WIB, tetap ada penambahan pasien terkonfirmasi positif corona sebanyak tiga orang. Total ada 80 warga Karawang yang positif Covid-19, dengan rincian 24 orang sembuh, 51 orang masih dalam observasi/perawatan dan 5 orang meninggal dunia.

Fitria menambahkan untuk pasien dalam pengawasan total ada 193 orang, selesai atau sembuh sebanyak 111 orang, masih dalam pengawasan 76 orang dan meninggal dunia sebanyak 6 orang. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak total 3.606 orang, selesai pemantauan 2.306 orang, masih dalam pemantauan 1.300 orang.

"Untuk orang tanpa gejala ada 402 orang, selesai 138 orang masih dalam pemantauan 264 orang," ujarnya.

Sementara itu dalam keterangannya, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan data terbaru yang dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, hingga Jumat 24 April 2020 ini, terdapat 152 orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 2 orang dari hari sebelumnya.

"Sedangkan untuk Pasien Dengan Pengawasan (PDP) bertambah 5 orang. Tapi sebelumnya 2 orang dinyatakan sembuh, jadi total PDP saat ini ada 17 orang. Pasien terkonfirmasi positif bertambah 1 orang, dengan total sampai hari ini ada 7 orang positif Covid-19," kata deni.

Gugus Tugas juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tenang dan optimistis menghadapi wabah yang menjadi pandemik global ini. Sejumlah langkah antisipasi terus dilakukan oleh jajaran Pemkab Purwakarta melalui gugus tugas Covid-19, di antaranya, Dinas Kesehatan tetap melakukan rapid test (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan pasien dalam pengawasan. Sementara, pada sisi pencegahan yang bersipat kewilayahan, penertiban pada ruas sejumlah jalan di antaranya; Jalan Veteran, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ipik Gandamanah yang dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta instansi terkait lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA