Jumat 24 Apr 2020 19:28 WIB

Badung Lakukan Tes Cepat pada Contact Tracing

Rapid test dilakukan kepada 34 orang yang berinteraksi dengan pasien covid-19.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung, Bali, melakukan rapid test terhadap orang yang pernah berinteraksi (contact tracing) dengan pasien positif Covid-19. Rapid test diikuti 34 orang.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung, Bali, melakukan rapid test terhadap orang yang pernah berinteraksi (contact tracing) dengan pasien positif Covid-19. Rapid test diikuti 34 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung, Bali, melakukan rapid test terhadap orang yang pernah berinteraksi (contact tracing) dengan pasien positif Covid-19. Rapid test diikuti 34 orang.

"Kemarin kami telah melakukan rapid test terhadap 34 orang, yang terdiri atas delapan tenaga medis dan 26 orang contact tracing dari wilayah Kuta Selatan, yakni Ungasan dan Jimbaran Badung," ujar Kepala Dinas Kesehatan Badung, yang juga Koordinator Satuan Tugas Operasi di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung, I Nyoman Gunarta, di Mangupura, Jumat (24/4).

Baca Juga

Ia mengatakan, salah satu tugas dari gugus tugas adalah melakukan mitigasi dengan surveilans terhadap kasus Covid-19 yang salah satunya dilakukan dengan rapid test. Untuk itu, di bawah Koordinator Operasi, ada bidang pencegahan yang telah melakukan rapid test terhadap orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pasien positif Covid-19.

Nyoman Gunarta menjelaskan, rapid test kepada 34 orang itu merupakan yang kedua kali bagi mereka. Hal itu untuk memastikan apakah ada yang positif atau tidak karena sebelumnya mereka juga telah melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari dan sudah dilakukan rapid test dengan hasil negatif.

"Untuk tenaga medis yang mengikuti rapid test adalah mereka yang mengikuti karantina di salah satu hotel di wilayah Sempidi, Mengwi, Badung," ungkapnya

Pihaknya juga akan melakukan rapid test terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Badung yang kembali ke Bali dan saat ini masih menjalani karantina pada Senin (27/4) mendatang.

"Rapid test pada hari Senin sampai Rabu di Wantilan DPRD Badung untuk PMI di Badung Utara dan yang dijadwalkan Kamis, Jumat, Sabtu di BKIA Abianbase, Kuta,” kata Nyoman Gunarta.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Diskes Badung, I Gusti Agung Alit Naya mengatakan, rapid test akan menyasar PMI yang melakukan karantina secara mandiri di rumah, Orang Dalam Pemantauan (ODP) termasuk juga orang-orang yang contact tracing.

"Senin depan kami menyasar PMI, baik yang karantina mandiri atau yang dikarantina di hotel, termasuk orang yang dapat contact tracing yang belum dilakukan rapid test karena sebelumnya alat masih terbatas,” ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement