Sabtu 25 Apr 2020 15:51 WIB

Maksimalkan 5 Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris

Sebanyak 150 juta orang Indonesia telah menggunakan media sosial.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

CERMATI.COM, JAKARTA -- Tingginya angka pengguna media sosial (medsos) memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha saat ini. Melalui berbagai platform sosial media yang hadir, Anda bisa melakukan pemasaran produk/jasa bisnis Anda dengan lebih efisien, mudah dan murah.

Dilansir dari laporan riset Hootsuite "Digital Around The World 2019", dari total 268,2 juta penduduk Indonesia, terungkap sebanyak 150 juta orang telah menggunakan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia ini di dominasi oleh generasi milenial dan generasi Z.  

Dari data tersebut, aktifitas marketing melalui media sosial tentunya menjadi favorit banyak pengusaha. Disamping praktis, keuntungan marketing di sosmed lainnya adalah pemasaran produk bisa diatur dengan mudah agar produk/jasa lebih cepat dikenal/dibeli dengan cara menjangkau calon konsumen sesuai target.

Bukan rahasia umum lagi jika di era digital, sosial media marketing dijadikan medium untuk meraih kesuksesan dalam meningkatkan penjualan secara online di berbagai e-commerce maupun jualan offline. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha, Anda harus bisa punya strategi digital marketing dan pandai memilih platform media sosial yang tepat untuk lapak promosi Anda.

Biar jualan Anda makin laris manis, Cermati.com mengulas strategi pemasaran social media yang praktis nan menguntungkan untuk Anda coba.

1. Buat Konten Video Live

Konten live atau siaran langsung kini menjadi popular dan menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dan digemari semua kalangan pengguna media sosial. Bagi Anda yang belum pernah membuat konten live video, kini saatnya Anda mulai menjajal cara ini. Kuncinya, percaya diri saja, tak perlu malu-malu yang penting konten yang Anda buat relevan dengan usaha Anda.

Mulai dulu dengan cara sederhana, misalnya tentukan dulu produk apa yang akan Anda jadikan tema untuk konten live video di sosmed dagangan Anda. Lalu, buatlah semacam panduan sederhana seperti tentukan berapa lama waktu ngbrolnya, apakah akan ada review produk atau semacam unboxing produk tersebut, hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diinfokan kepada followers atau calon konsumen Anda. 

Bagi pemula dengan followers bisnis sedikit, pastikan Anda harus siap mental juga. Tak perlu sedih apabila nantinya hanya ada segelintir orang saja yang menonton. Ingat ya, santai saja dan berpikir positif saat akan membuat konten promosi untuk siaran langsung di sosmed Anda. Lakukan secara bertahap, atau Anda bisa juga berkolaborasi dengan orang lain yang sudah punya banyak followers untuk membuat konten live video.  

Baca Juga: Cara Memilih KTA Online untuk Modal Usaha 

2. Gunakan Jasa Influencer

Dalam dunia digital marketing, influencer marketing bukanlah cara baru. Influencer merupakan tokoh atau sosok yang populer dan memiliki banyak pengikut (followers) di media sosial. Hal ini membuat mereka punya pengaruh besar di dalam komunitas atau orang-orang yang menggunakan media sosial itu sendiri. Para influencer ini bisa saja berasal dari berbagai bidang, usia dan keahlian yang berbeda-beda.

Agar jualan Anda makin dikenal banyak orang, gunakan jasa influencer untuk memasarkan produk Anda. Jasa influencer sangat diminati sebab efektif untuk mendongkrak brand-awareness produk/jasa sekaligus penjualan. Supaya strategi marketing dengan jasa influencer tepat sasaran, pastikan dulu untuk melakukan riset dan memilih sosok influencer yang tepat dan relevan dengan bidang bisnis yang Anda miliki/jalankan.

3. Perkaya Konten Visual

Penggunaan konten visual di media sosial terbilang efektif dalam memasarkan produk / brand usaha Anda. Buatlah konten dengan informasi visual yang mudah dikenal dan diingat oleh calon konsumen dan pelanggan Anda. Lakukan riset, konten visual seperti apa yang saat ini digemari oleh konsumen. Pastikan semua konten visual yang akan di posting di media sosial memiliki kualitas yang baik agar tercipta interaksi dan meningkatkan jumlah followers.

Baca Juga: Manfaat Sosial Media Untuk Kembangkan Bisnis Sendiri

4. Buat Personalisasi Konten

Lakukan personalisasi konten dalam strategi marketing media sosial bisnis/usaha Anda. Cara ini efektif dalam menggaet calon konsumen ketika melihat iklan dan promosi Anda hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Buatlah rancangan rencana konten yang sudah disesuaikan dengan riset produk Anda. Lalu, susun strategi marketing dengan menerapkan konsep personalisasi konten.Gunakan hasil analitik untuk memaksimalkan konten Anda yang sesuai dengan pangsa pasar saat ini.

5. Manfaatkan Asisten Virtual

Untuk mempermudah pekerjaan Anda dan memperlancar aktifitas pemasaran bisnis, manfaatkan asisten virtual. Ada banyak alat marketing yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda berjualan dan melayani calon konsumen dengan cepat dan hemat. Lakukan riset dahulu untuk menemukan jasa asisten virtual yang tepat dan sesuai untuk melayani penjualan di media sosial Anda. Lalu lakukan review juga, agar Anda bisa mengetahui apakah jasa asisten virtual yang dilakukan sudah efektif atau tidak dalam melayani berbagai pertanyaan calon konsumen.

Terus Lakukan Peningkatan Strategi

Melakukan pemasaran online melalui media sosial bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan peningkatan angka penjualan. Tentunya, Anda harus pahami dulu hal-hal mendasar dalam berjualan di media sosial. Terus lakukan perbaikan strategi dan mencoba hal-hal baru untuk menemukan cara marketing yang sesuai dengan bisnis Anda. Perlahan namun pasti, ketika Anda sudah menerapkan semua cara marketing di sosial media, imbangi juga dengan peningkatan kualitas produk/jasa Anda agar Anda bisa meraih untung maksimal.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Jualan Baju

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement