Amalan di Bulan Ramadhan (3)

Rep: Heri Ruslan/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 24 Apr 2020 06:11 WIB

Amalan di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Nikola Solic Amalan di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan. Di antara amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan yaitu:

Baca Juga

c. Mendirikan shalat Tarawih 

“Sesungguhnya Rasulullah SAW keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau sholat di masjid, dan shalatlah beberapa orang bersama beliau. Di pagi hari, orang-orang memperbincangkannya. Ketika Nabi SWT mengerjakan sholat (di malam kedua), banyaklah orang yang sholat di belakang beliau. Di pagi hari berikutnya, orang-orang kembali memperbincangkannya.

Di malam yang ketiga, jumlah jamaah yang di dalam masjid bertambah banyak, lalu Rasulullah SAW keluar dan melaksanakan sholatnya. Pada malam keempat, masjid tidak mampu lagi menampung jamaah, sehingga Rasulullah SAW hanya keluar untuk melaksanakan sholat Subuh. Tatkala selesai shalat Subuh, beliau menghadap kepada jamaah kaum Muslimin, kemudian membaca syahadat dan bersabda, “Sesungguhnya kedudukan kalian tidaklah sama bagiku, aku merasa khawatir ibadah ini diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya.” Rasulullah SAW wafat dan kondisinya tetap seperti ini. (HR al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA).

Kemudian, pada zaman Khalifah Umar bin Khattab RA, sholat Tarawih kembali dilakukan secara berjamaah di Masjid. Dan hal itu disepakati oleh semua sahabat Rasulullah SAW pada masa itu.

Namun yang perlu diperhatikan untuk saat ini (1441 H / 2020 M), di mana sedang terjadi pandemi virus corona (Covid-19), umat Islam di sejumlah negara, termasuk di Indonesia, dianjurkan oleh pemerintah dan ulama untuk tidak melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid. Termasuk juga sholat-sholat lainnya, seperti sholat wajib lima waktu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat tarawih dan sholat lainnya di rumah. Wallahu A'lam.