Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Kemenkop Gelar Pertemuan Virtual dengan Koperasi

Kamis 23 Apr 2020 21:36 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi

Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam

Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam

Foto: Foto : MgRol112
Dalam keadaan seperti ini, tidak ada satu pihak pun yang diuntungkan secara mutlak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menggelar pertemuan secara virtual dengan para pelaku Koperasi Simpan Pinjam (KSP) terpilih. Hal ini sebagai upaya membangun sinergi di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, pertemuan dengan para pelaku KSP merupakan upaya membangun sinergi antara pelaku koperasi dengan pemerintah di tengah wabah corona. Krisis ekonomi yang dilatar belakangi oleh mewabahnya Covid-19, telah menyebabkan kesejahteraan masyarakat menurun luar biasa.

Baca Juga

"Dalam keadaan seperti ini, tidak ada satu pihak pun yang diuntungkan secara mutlak. Keadaan ini juga tidak tahu sampai kapan akan berakhir," ujar Rully dalam konferensi pers virtual pada Kamis, (23/4).

Pemerintah, kata dia, menyadari tidak mungkin mampu menyelesaikan masalah tersebut sendiri di tengah kondisi seperti sekarang. Maka perlu melibatkan seluruh komponen bangsa sesuai kapasitas dan posisinya.

Hanya saja disadari, belum seluruh komponen masyarakat bisa diajak terlibat secara optimal menghadapi peliknya persoalan ini. Maka, lanjut Rully, setidaknya pertemuan ini bertujuan untuk membangun sinergi antara program yang digulirkan pemerintah, khususnya Kemenkop dan UKM dengan pelaku koperasi, khususnya KSP.

Kemenkop dan UKM juga mengajak agar KSP yang memiliki nasabah dan cabang cukup banyak, tidak melakukan berbagai hal yang membuat masyarakat resah. Apalagi merugikan masyarakat secara material dan imaterial.

"Itu justru dikhawatirkan akan berujung pada menurunnya citra koperasi dan masyarakat," kata dia.

Pada kesempatan pertemuan virtual, Kemenkop dan UKM berdialog dan menghimpun masukan dari para pengurus 45 KSP yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA