Tips Tetap Semangat Puasa Saat Karantina

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

 Kamis 23 Apr 2020 19:02 WIB

(Ramadhan tahun ini berbeda karena harus menjalani karantina di rumah (Foto: ilustrasi Puasa Ramadhan) Foto: Pxhere (Ramadhan tahun ini berbeda karena harus menjalani karantina di rumah (Foto: ilustrasi Puasa Ramadhan)

Ramadhan tahun ini berbeda karena harus menjalani karantina di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Ramadan tahun ini cukup berbeda akibat adanya kondisi pandemi Covid-19. Ada sejumlah tips yang bisa diikuti agar tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa meski hanya di rumah saja, dikutip dari laman Wisconsin Muslim Journal, Kamis (23/4).

 

Rencanakan bersama keluarga

Baca Juga

Puasa sejatinya merupakan ibadah perseorangan, tapi kondisi kali ini memberikan lebih banyak kesempatan bagi keluarga untuk merencanakan banyak hal bersama. Misalnya, menyiapkan makan sahur, menu berbuka, atau menempelkan pesan-pesan Ramadan di pintu lemari es.

 

Dekorasi

Karena semua orang berada di rumah, bisa saja sebagian merasa bosan dan sebagian merasa khawatir berlebihan. Agar suasana hati lebih santai, libatkan anggota keluarga untuk menata rumah dengan dekorasi baru menyambut Ramadan.

 

Hadirkan masjid di rumah

Pemerintah telah menyarankan umat beragama untuk beribadah dari rumah. Bagi umat Islam, rumah bisa disulap jadi masjid, dengan cara menjadikan salah satu ruangan untuk salat berjamaah. Salah satu anggota keluarga bisa mengumandangkan azan tiap waktu salat.

 

Mendalami Alquran

Ada banyak kemuliaan di bulan Ramadan, termasuk turunnya Alquran, kitab suci umat Islam. Rancang waktu khusus di mana seluruh keluarga berkumpul untuk mengaji dan mendalami Alquran bersama-sama. Selain mendatangkan pahala, kebersamaan itu juga amat berarti.

 

Perbanyak berdoa

Ramadan adalah bulan yang tepat untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya. Doakan keluarga, sahabat, rekan kerja, juga pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19 serta para petugas medis yang tidak lelah merawat para pasien di rumah sakit.

 

Jangan lupa berbagi

Ingatlah orang-orang yang kurang beruntung dan mungkin tidak bisa mendapatkan kenyamanan seperti kita saat Ramadan. Sisihkan rezeki untuk berbagi dan membantu sesama, seperti orang-orang yang tidak memiliki rumah untuk bernaung dan makanan untuk disantap.

 

Bermanfaat bagi sesama

Junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW, memiliki misi membawa perdamaian, keadilan, dan kesetaraan bagi masyarakat. Selama mempersiapkan Ramadan, ingatlah misi Rasulullah tersebut sehingga setiap dari kita bisa bermanfaat bagi sesama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X