Pahala Ibadah di Rumah tak Kalah dengan di Masjid

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah

 Kamis 23 Apr 2020 16:41 WIB

KH Nazaruddin Umar Foto: TV One, Maman Sudiaman/Republika KH Nazaruddin Umar

Sholat di masjid itu sunah tetapi mempertahankan kesehatan diri dan keluarga wajib.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Masjid Istiqlal Prof Nazaruddin Umar mengimbau seluruh ibadah Ramadhan pada tahun ini dikerjakan dari rumah, mulai dari sholat Tarawih maupun sholat wajib lima waktu. Nazaruddin mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan seluruh dunia membuat suasana Ramadhan tahun ini berbeda seperti biasanya.

"Kali ini ada sesuatu yang sifatnya sangat darurat. Karena itu, kita pahami bersama sholat Tarawih itu sunnah, sholat di masjid itu sunnah, tetapi mempertahankan kesehatan diri dan keluarga itu wajib," ujar Nazaruddin di media gugus tugas penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/4).

Baca Juga

Karena itu, ada kaidah mengatakan menolak kemudaratan atau mencegah menularnya Covid-19 itu lebih utama daripada mengejar manfaat seperti pahala. Untuk itu, ia kembali mengimbau umat Islam tetap berada di rumah dan menjalankan ibadah dari rumah.

Apalagi, Nazaruddin mengatakan, ibadah Ramadhan dari rumah tak kalah dengan ibadah yang dilakukan di masjid. "Rangkaian ibadah-ibadah kita di rumah insya Allah pun juga pahalanya tidak kalah, apalagi dalam kondisi darurat seperti ini," ujar Nazaruddin.

Nazaruddin juga menerangkan hadits Rasulullah SAW yang mengatakan muka bumi ini adalah masjid atau tempat sujud. Karena itu, rumah, menurut dia, juga bagian tempat sejud. "Karena itu, jangan merasa kurang kalau kita sholat Tarawih-nya di rumah karena ini kondisinya darurat. Dalam kondisi darurat itu kita memungkinkan melakukan sesuatu apa yang kita tidak lakukan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X