Kamis 23 Apr 2020 13:57 WIB

Corona Dan Kedisiplinan

Corona memberikan kita banyak pembelajaran tentang hidup dan kehidupan.

Corona mengajarkan kita kedisiplinan.
Foto: Dok UBSI
Corona mengajarkan kita kedisiplinan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Umi Faddillah

Lima bulan sudah Corona menghantui tiap gerak aktivitas kita. Setelah dinyatakan status Pandemi oleh WHO, Corona dengan nama lain COVID-19 menjadi makhluk tak kasat mata, namun jika diabaikan akan menimbulkan bahaya bagi kehidupan kita. Dengan adanya wabah ini maka segala aktivitas kita dibatasi dengan tujuan untuk pencegahan penyebaran virus Corona meluas. 

Segala aturan untuk membatasi aktivitas di luar rumah dibuat oleh Pemerintah. Dengan tujuan yang sama agar tidak semakin banyak korban penyebaran virus ini. Dan tentunya kita  tidak ingin semakin meningkatnya kematian karena Corona.

Pemerintah membuat himbauan tentang social distancing kemudian berubah menjadi physical distancing, hingga kini diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah.  Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB ini resmi ditandatangani Presiden Jokowi pada Selasa, 31 Maret 2020.

Segala bentuk himbauan dan aturan itu dibuat dengan tujuan percepatan penanganan COVID-19. Harapan dari peraturan ini adalah sikap masyarakat yang disiplin pada aturan yang telah ditetapkan. Sikap disiplin masyarakat secara menyeluruh akan membantu percepatan penanganan COVID-19 ini agar tidak semakin meluas ke seluruh Nusantara tercinta.

Corona memang  memberikan kita banyak  pembelajaran tentang hidup dan kehidupan. Terutama sikap disiplin kita dalam keseharian. Sikap disiplin kita dalam menjaga hidup bersih. Sikap disiplin kita dalam beraktivitas mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Sikap disiplin tingkat tinggi, akan membantu kita semua dalam mencegah semakin meluasnya virus Corona. Karena Corona telah mengajarkan kita untuk selalu menjaga pola hidup bersih. Contoh perilaku hidup bersih adalah selalu mencuci tangan di setiap kesempatan. Bagi seorang muslim disiplin menjaga wudhu dapat diterapkan untuk senantiasa hidup bersih. 

Sikap kedisiplinan kita juga merupakan bentuk sikap peduli kita pada sesama. Sikap disiplin juga salah satunya adalah taat pada aturan selama masa PSBB. Tidak melakukan aktivitas di luar rumah, tidak berkumpul, tidak bepergian, tidak ibadah kecuali di rumah saja. Sikap disiplin kita dapat membantu agar virus Corona tidak menyebar semakin luas. Sikap kedisiplinan juga akan berbuah pada nilai sosial yang sangat tinggi pada sesama kita. 

Karena sikap disiplin kita pada aturan akan menolong banyak orang dan membantu percepatan penanganan COVID-19 yang sudah semakin meluas. Seperti kata Abil Hasan, salah seorang mahasiswa Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar,  nilai sosial yang tinggi akan memberi dorongan kepada masyarakat untuk bersama peduli dan saling menguatkan di tengah masa pandemi COVID-19, dikutip pada laman milenianews.com.

Terapkan hidup sehat juga merupakan bentuk sikap disiplin kita pada diri sendiri agar terhindar dari berbagai penyakit. Milenianews.com telah merangkum 10 makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari Corona. Salah satu pencegahan agar tubuh tidak gampang terserang virus adalah menerapkan hidup sehat dengan menjaga makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Corona,  maka sikap disiplin sangat perlu dilakukan agar semua kembali menjadi normal. Segala elemen masyarakat baik dari pemerintah pusat, pemerintah kota dan daerah, serta masyarakat wajib dukung dan terapkan sikap kedisiplinan kita agar segala usaha dan aturan yang telah ditetapkan berjalan optimal. Dan tentunya menjadi harapan kita bersama wabah Corona ini segera berlalu dan tidak lagi timbulkan korban jiwa. Kita sama-sama menanti hari kemenangan dengan kebahagiaan. Untuk itu, marilah tingkatkan sikap kedisiplinan demi terlaksananya tujuan kita bersama.

*) Penulis adalah Dosen Prodi Sistem Informasi Akuntansi, FTI UBSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement