Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

MPR: Pandemi Covid-19 Dapat Dicegah dengan Gotong Royong

Kamis 23 Apr 2020 12:07 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid.

Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid.

Foto: Antara/Reno Esnir
Solidaritas menjadi penting saat obat untuk mencegah virus Covid-19 belum ditemukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR), Jazilul Fawaid mengatakan, pandemi Covid-19 dapat dicegah dengan cara bersama-sama membangun solidaritas dan gotong royong di masyarakat. “Kami bangun solidaritas untuk membantu terdampak pandemi Covid-19,” kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid di Jakarta, Kamis (23/4).

Jazilul dalam acara yang bertema ‘Spirit Nilai Pancasila di Tengah Wabah Corona’ itu mengatakan, solidaritas menjadi penting apalagi saat ini obat untuk mencegah virus Covid-19 belum ditemukan.

Pandemi Covid-19, menurut Jazilul, merupakan suatu bentuk ujian yang tidak hanya dihadapi oleh individu, namun juga bagi bangsa dan negara. “Akan banyak ujian yang kami hadapi, ujian yang ada akan mengukur seberapa besar kekuatan bangsa dan perekonomian yang ada, juga menguji seberapa tinggi solidaritas kita," kata politikus PKB itu.

Kemudian, Jazilul mengatakan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat usaha seperti restoran, toko, warung, dan yang lain terdampak secara ekonomi. MPR dengan berbagai lembaga itu merupakan bentuk solidaritas kebangsaan. MPR bersama tujuh lembaga negara lainnya telah melakukan koordinasi melalui video konferensi untuk menyatukan persepsi terhadap pandemi Covid-19 agar adanya satu sikap dalam mengarahkan masyarakat.

“Wabah ini merupakan tanggung jawab bersama, masalah ini harus diatasi secara gotong royong, tanpa gotong royong tak bisa ditangani. Tak ada yang bisa menolong kecuali kekuatan kita sendiri, yakni gotong royong”, ucap Jazilul.

MPR bersama dengan BPIP, perusahaan jasa, organisasi massa, dan komponen masyarakat lainnya, bahu membahu bersatu untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. “Pandemi ini tak hanya dialami oleh bangsa Indonesia namun juga dirasakan oleh bangsa-bangsa yang lain," kata Jazilul.

Dia berharap semua unsur pemerintahan bahkan sampai tingkat RT untuk dapat menjaga lingkungan dengan baik untuk mencegah penularan. “Bila ada apa-apa harus segera dilaporkan ke aparat dan pemerintahan yang terdekat,” ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler