Pandemi Covid-19, Ramadhan tetap Indah di Sekolah Nur Hikmah

Red: Irwan Kelana

 Kamis 23 Apr 2020 08:30 WIB

Poster bertema Ramadhan karya salah seorang siswa Seolah Nur Hikmah, Bekasi.  Foto: Dok LPI Nur Hikmah Poster bertema Ramadhan karya salah seorang siswa Seolah Nur Hikmah, Bekasi.

Nur Hikmah menyiapkan program Ramadhan untuk siswa, orang tua, dan pegawai.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Ramadhan sudah hampir tiba.Di tengah pandemi Covid-19, walaupun dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebagian sekolah tetap memiliki program kegiatan Ramadhan yang  tentunya disesuaikan dengan arahan Dinas pendidikan setempat. 

Sekolah Nur Hikmah, Bekasi,  sebagai lembaga pendidikan yang berkarakter Quran,  pada Ramadhan 1441 H ini memiliki program-program unggulan baik untuk tingkat KB-TK, SDIT dan juga SMPIT. “Semua telah tersusun dengan baik dan terukur. Sehingga,  program-program Ramadhan yang disajikan sampai kepada siswa dan orangtua bukan sebagai beban, tapi pengisi jenak di antara ibadah-ibadah yang sedang dijalankan. Dengan demikian, Ramadhan tetap indah di Nur Hikmah,” kata Ustadzah Rahayu Kusumastuti selaku direktur LPI Nur Hikmah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/4).

Ia menambahkan, "Untuk pegawai, kami memulai dengan lembar mutabaah yaumiyah, mencoba memberikan target hafalan, ibadah sunnah di bulan Ramadhan,  juga tentunya target khatam Quran minimal dua kali selama bulan Ramadhan. Adapun untuk orang tua,  kami juga menyiapkan kajian setelah  Zuhur melalui media Yuotube yang diisi oleh guru-guru Nur Hikmah dan juga kultum jelang buka puasa live dijejaring media sosial. Dan tentunya juga untuk para siswa seperti lomba Siroh Nabawiyah, membuat poster, lomba adzan, infak Ramadhan, nonton film Islami dan juga lomba tilawah Quran.” 

Ustadz Marzuki selaku kepala bagian bidang Diniyah LPI Nur Hikmah  menuturkan,  “Sejatinya program ini biasanya dilakukan secara langsung tapi tersebab wabah Covid-19, kami melakukan dengan media online. Begitu juga pengelolaan zakat fitrah, zakat mal dan juga infak sedekah  orang tua siswa. Insya Allah kami berusaha mengantarkan kondisi Ramadhan dapat tiba di rumah masing masing keluarga besar Nur Hikmah. Apalagi masing masing unit sudah memiliki program unggulan masing masing dengan konten konten kreatif.”

Terkait penyerahan infak, sedekah  dan zakat fitrah,  untuk kali ini Nur Hikmah tidak mengadakan interaksi dengan pengumpulan yatim dan dhuafa di sekolah. Tapi nanti kami yang akan mengantarkannya. Juga untuk kali ini kami akan berkerja sama dengan Mualaf Centre Kampung Sawah untuk memberikan sembako kepada suadara seiman yang mualaf dan tak mampu. Kami ingin hadir dalam keluarga mereka,” ujar Ustadz Agus selaku kepala bagian Humas Nur Hikmah. 

Ustadzah Icha Azizah selaku ketua Panitia Ramadhan 1441H menyampaikan satu lagi hal menarik dalam Ramadhan kali ini yaitu tentang Lomba Siroh Nabawiyah dan Sahabat. “Ini adalah konten baru di tahun ini. Kami ingin seluruh pelajar Nur Hikmah di masa  PJJ ini lebih  banyak membaca dan mengenal tokoh tokoh terbaik dalam perjuangan dan persebaran Islam,” papar Icha Azizah.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X