Kamis 23 Apr 2020 08:09 WIB

Pasien Positif Corona di Malang Kategori Orang tanpa Gejala

Pasien berusia 50 tahun tersebut menjalani isolasi mandiri, karena tak punya keluhan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif.
Foto: Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jumlah pasien positif virus corona di Kota Malang, Jawa Timur, bertambah satu orang, sehingga secara keseluruhan terdapat sembilan kasus positif Covid-19 di kota terbesar kedua di Jawa Timur itu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, satu orang pasien positif corona tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG), namun tidak memiliki riwayat keterkaitan dengan kasus Covid-19 lain yang ada di Kota Malang. "Tambahan satu kasus ini merupakan warga biasa, tidak ada hubungan dari kasus sebelumnya, dan merupakan OTG," kata Husnul di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (22/4).

Menurut Husnul, saat ini, pasien laki-laki berusia 50 tahun tersebut menjalani isolasi mandiri, karena berdasarkan laporan dari tim medis, yang bersangkutan tersebut tidak memiliki keluhan.

Husnul menambahkan, Satgas Covid-19 Kota Malang, dalam waktu dekat akan melakukan tracing kepada anggota keluarga pasien tersebut. Saat ini, masih belum diketahui apakah pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan dari luar kota.

"Kami akan tindak lanjuti dengan tracing untuk keluarga, dan kami masih belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan melakukan perjalanan keluar kota. Nanti setelah tracing baru diketahui," ujar Husnul.

Di Kota Malang, terdapat sembilan kasus positif virus yang telah menjangkiti kawasan tersebut. Dari sembilan pasien positif Covid-19 di Kota Malang itu, sebanyak tujuh orang telah sembuh, dan dua lainnya masih menjalani perawatan.

Data lainnya, sebanyak 1.793 orang masuk kategori orang dengan risiko (ODR), 153 berstatus OTG, 275 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dan sebanyak 85 orang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP).

Secara keseluruhan di wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, terdapat 30 kasus positif Covid-19. Dari total jumlah kasus tersebut, sebanyak 14 orang telah dinyatakan sembuh.

Di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Rabu (22/4) juga tercatat ada penambahan satu kasus Covid-19. Secara keseluruhan, di Kabupaten Malang ada 19 kasus positif Covid-19, di mana enam di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan sisanya berada dalam perawatan.

Sementara di Kota Batu, terdapat dua kasus positif, yang salah satunya telah dinyatakan sembuh, dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement