Rabu 22 Apr 2020 21:35 WIB

Kolaborasi Mentan-KSAD Luncurkan ATM Beras di Jakarta

ATM beras ini diperuntukkan bagi warga berpenghasilan harian yang terdampak pandemi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (kanan) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan peluncuran awal ATM Pertanian Sikomandan pada Rabu (22/4).
Foto: Dok. Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (kanan) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan peluncuran awal ATM Pertanian Sikomandan pada Rabu (22/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan peluncuran awal ATM Pertanian Sikomandan pada Rabu (22/4). Kegiatan ini dilakukan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0501 Jakarta Pusat.

SYL mengatakan, ATM beras ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan harian yang terdampak Covid-19. Khususnya, mereka yang terbatas penghasilannya karena ada pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pencegahan penyebaran Covid-19 salah satunya dengan PSBB. Tapi konsekuensinya bagi saudara kita  yang penghasilannya harian sangat berpengaruh karena aktivitasnya menjadi berkurang, ATM beras ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi mereka,” kata SYL dalam kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, kehadiran ATM beras merupak bagian dari tanggung jawab Kementa dalam urusan pangan. Syahrul mengatakan, hadirnya ATM beras selain bentuk tanggung jawab Kementan, juga ingin menunjukkan bahwa pengelolaan sektor pertanian sudah semakin modern.

“ATM beras ini dikembangkan oleh Balitbangtan Kementan, memiliki kapasitas muat 180 kg dengan keluaran beras 1,5 kg. ATM beras ini mampu beroperasi selama 12 jam per hari. Jadi tinggal tekan, berasnya keluar,” kata SYL.

Pada kesempatan itu juga, Mentan SYL dan KSAD Jenderal Andika memberikan bantuan bahan pangan kepada perwkilan masyarakat. Mereka adaah perwakilan dari delapan Kecamatan yang berada di wilayah Makodim 0501 Jakarta pusat.

Salah satu penerima bantuan, Hari Purwanto yang tinggal di Jalan Pramuka Sari 2, Cempaka putih berterima kasih kepada Mentan SYL dan KSAD Jenderal Andika.

"Terima kasih Pak Menteri dan Bapak Jenderal Andika. Bantuan ini sangat membantu kami. Kami doakan Bapak-bapak semua sehat dalam menjalankan tugas, " ungkap sosok yang kesehariannya berprofesi sebagai petugas keamanan lingkungan ini.

Dikarenakan keterbatasan sumber daya, pada tahap pertama, penyebaran ATM beras akan ditempatkan di beberapa Makodim. Titik-titik itu tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor. Namun, kata SYL apabila semakin banyak mitra yang ikut berperan, maka jangkauannya akan diperluas.

“Saya sampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para mitra sehingga kita bisa melakukan sesuatu yang mulia ini. Ini adalah panggilan bangsa dan negara untuk kita semua, agar saling bahu membahu,” ujar SYL.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement